Wakil Ketua KPK Bantah Firli Bahuri 'One Man Show' Pimpin KPK

Wakil Ketua KPK Bantah Firli Bahuri 'One Man Show' Pimpin KPK

Wakil Ketua KPK, Alexander Mawarta mengaku tak kecolongan usai Firli Bahuri jadi tersangka kasus dugaan korupsi pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL.-Youtube/KPK-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Wakil Ketua KPK Alexander Marwata membantah pernyataan soal Ketua KPK Firli Bahuri bekerja one man show di KPK. 

"Apakah yang dilakukan FB selaku Ketua KPK itu one man show? Saya sudah jalan 8 tahun di sini, sepertinya saya tidak pernah melihat kepemimpinan di KPK itu one man show, baik eranya Pak Agus Rahardjo maupun Pak FB," kata Alex, Jumat, 10 November 2023.

Alex menyebut dinamika yang terjadi di jajaran pimpinan KPK yaitu kolektif kolegial. Artinya, Firli belum bersedia menandatangani suatu dokumen bila pimpinan KPK lainnya belum tanda tangan.

BACA JUGA:Alasan KPK Cekal Febri Diansyah Cs ke Luar Negeri: Ganggu Penyidikan Kasus Syahrul Yasin Limpo

"Pak Ketua itu tanda tangan selalu terakhir, setelah pimpinan yang lain tanda tangan. Kalau belum ada tanda tangan pimpinan yang lain, Pak Ketua itu tidak mau tanda tangan," tutur Alex.

Alex menegaskan, tidak ada kerja one man show salah satu pimpinan KPK. Hal itu mengingat, pimpinan KPK tidak punya hak veto.

"Jadi tidak ada istilah one man show, satu pimpinan bisa mempunyai hak veto untuk membatalkan keputusan pimpinan yang lain. Bisa dicek nanti di surat-surat dinas di penindakan," ujar Alex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: