Janji Anies Baswedan Jika Jadi Presiden: Permudah Akses KPR Agar Bisa Dirasakan Oleh Semua Masyarakat

Janji Anies Baswedan Jika Jadi Presiden: Permudah Akses KPR Agar Bisa Dirasakan Oleh Semua Masyarakat

Anies Baswedan menyampaikan arah kebijakan luar negeri bila nanti terpilih sebagai presiden.-Tim Anies Baswedan-

JAKARTA,DISWAY.ID-- Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berjanji mempermudah akses Kredit Perumahan Rakyat (KPR) agar dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Salah satu misi utama kita adalah membuat KPR (kredit pemilikan rumah) untuk semua, bagaimana kredit perumahan rakyat bisa diakses untuk semua agar warga Indonesia yang hari ini berkeinginan untuk memiliki rumah, memiliki kebutuhan punya rumah,” kata Anies dalam acara Rakernas DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) di Hotel Vertu Harmoni, Jakarta Pusat, Jumat, 10 November 2023.

BACA JUGA:Inilah Tokoh Pahlawan dari Muhammadiyah, Ada Soekarno, Jenderal Soedirman hingga Ayah dari Capres Anies Baswedan

Saat ini, KPR hanya mudah diakses oleh para pekerja di sektor formal. Padahal, kata dia, warga Indonesia lebih banyak yang bekerja di sektor informal dan independen. 

Anies menyatakan pekerja sektor informal lebih sulit mendapatkan pendanaan meskipun memiliki pekerjaan yang sama dengan mereka yang ada di sektor formal.

"Nah kita ingin, keluarga punya rumah. KPR itu jadi tiap keluarga punya rumah. Itu misi kita, dan itu artinya sinkronisasi mulai dari kebijakan suku bunga, kemudian intensif pajak, kemudian kerja sama penyediaan lahan, agar lahan-lahan yang mengalami kesulitan lahan bisa ditangani," papar Anies. 

BACA JUGA:Prabowo-Gibran 43,1%, Ganjar-Mahfud 23% dan Anies-Imin 22,3% di Survei Populi Center

Lebih lanjut, ia menjelaskan nantinya konsep kredit perumahan warga ini sama seperti program rumah DP Rp 0 yang dicanangnya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Dua-duanya (skema DP 0 rupiah dan kemudahan kredit),” kata Anies.

“Ini mereka sering mengalami kesulitan lahan, di sisi lain pemerintah punya banyak lahan. Pemerintah punya banyak lahan, Dibuat mekanisme, untuk memudahkan bagi akses lahan, terutama bagi akses-akses perkotaan,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: