Jokowi Pertemuan Trilateral Bersama PM Papua Nugini dan PM Fiji, Tegaskan Komitmen Kawasan Pasifik Damai

Jokowi Pertemuan Trilateral Bersama PM Papua Nugini dan PM Fiji, Tegaskan Komitmen Kawasan Pasifik Damai

Jokowi mengadakan pertemuan trilateral bersama dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape dan PM Fiji Sitiveni Rabuka.-BPMI Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tengah melakukan kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS) dalam beberapa hari ini.

Setelah pertemuan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden dan menghadiri ABAC ASEAN Caucus Day, Jokowi mengadakan pertemuan dengan mitra dan sejumlah pemimpin negara.

Pada Kamis 16 November 2023 waktu AS, Jokowi mengadakan pertemuan trilateral bersama dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape dan PM Fiji Sitiveni Rabuka.

BACA JUGA:Presiden Jokowi: RI Akan Lindungi WNI Termasuk RS Indonesia di Gaza

Pertemuan trilateral tersebut digelar di Moscone North, San Francisco.

Dalam pertemuannya,  Jokowi menegaskan Indonesia akan terus berkomitmen untuk menjadikan kawasan Pasifik damai, stabil, dan sejahtera.

“Saya tegaskan kembali, Indonesia berkomitmen kuat menjadikan kawasan Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi turut menyebut bahwa pertemuan antarketiga negara tersebut mencerminkan hubungan persaudaraan yang erat antar sesama negara Pasifik.

“Pertemuan ini mencerminkan semakin eratnya persaudaraan sesama negara Pasifik,” ungkapnya.

BACA JUGA:Tim Investigasi Bentukan Puslaiklambangja TNI AU Periksa Menyeluruh Penyebab 2 Pesawat Super Tucano Jatuh

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut mengapresiasi Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF) yang telah menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia dalam sejumlah pertemuan.

“Saya juga ikuti dari dekat, pelaksanaan KTT MSG dan KTT PIF, dan saya mengapresiasi posisi MSG dan PIF yang menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara menyampaikan bahwa Indonesia akan terus berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dengan MSG dan PIF melalui sejumlah kerja sama yang nyata.

“Komitmen ini telah ditunjukkan oleh Indonesia dalam berbagai kesempatan, antara lain mengundang PIF di KTT G20 dan KTT ASEAN,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: