Briptu Renita Jadi Polwan Terbaik PBB 2023, Ini Misinya di Luar Negeri

Briptu Renita Jadi Polwan Terbaik PBB 2023, Ini Misinya di Luar Negeri

Briptu Renita Rismayanti ddinobatkan jadi polisi wanita terbaik PBB 2023. -Dok. PBB di Indonesia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Polisi Wanita (Polwan) Polri mengharumkan nama Indonesia di mancanegara. 

Pada ajang Pekan Polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahunan di Markas Besar PBB New York, Kamis 16 November 2023, Polwan bernama Briptu Renita Rismayanti dinobatkan sebagai Petugas Polisi Wanita Terbaik PBB Tahun 2023.

Briptu Renita mendapatkan penghargaan tersebut saat menjalankan misi perdamaian dunia sebagai Petugas Database Kejahatan dengan Misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).

BACA JUGA:Ini Dia 10 Orang Terkaya di Indonesia per November 2023, Taipan Prajogo Pangestu Langkahi Low Tuck Kwong dan Bos Djarum

Ia disebut menjalankan tugas membantu mengkonseptualisasikan dan mengembangkan basis data kriminal yang memungkinkan Polisi PBB untuk memetakan dan menganalisis hotspot kejahatan dan kekacauan.

Misi demikian membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi mereka dengan lebih baik dalam mendukung penduduk setempat.

“Dia berfungsi sebagai contoh yang bagus tentang bagaimana partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam pemeliharaan perdamaian meningkatkan efektivitas pekerjaan perlindungan dan pembangunan perdamaian kita untuk lebih memenuhi tantangan hari ini dan besok,” ungkap Wakil Sekretaris Jenderal untuk Operasi Perdamaian Jean-Pierre Lacroix dalam keterangan tertulis, Jumat 17 November 2023.

Penasihat Polisi PBB Faisal Shahkar menegaskan, masa depan kepolisian PBB kini semakin terbantukan atas kerja Briptu Renita.

BACA JUGA:Bikin Amerika Geram, Huawei Mate 60 Pro Terungkap Harga dan Spesifikasinya

Ia membuktikan, tak hanya laki-laki, tapi polisi perempuan juga dapat menjebol gagasan baru berbasis teknologi.

“Dia dan rekan-rekannya membantu membangun kepercayaan dan kepercayaan antara otoritas lokal dan komunitas, yang membuat pekerjaan Polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa lebih efektif dan orang-orang lebih aman,” ujarnya.

Atas penghargaan itu, ucapan selamat mengalir. Salah satunya dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres

"Selamat kepada Sersan Satu Polisi Renita Rismayanti atas penerimaannya @PBB dalam penghargaan petugas polisi wanita terbaik tahun ini," tulis Guterres dalam unggahannya di akun sosial media X, Jumat 17 November 2023.

Ia juga berterima kasih atas kinerja dan kepemimpinan Briptu Renita dalam misi perdamaian, sehingga diharapkan mampu menjadi simbol pemberdayaan perempuan dan merepresentasikan kesetaraan gender serta hak asasi manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: