Briptu Renita Jadi Polwan Terbaik PBB 2023, Ini Misinya di Luar Negeri

Briptu Renita Jadi Polwan Terbaik PBB 2023, Ini Misinya di Luar Negeri

Briptu Renita Rismayanti ddinobatkan jadi polisi wanita terbaik PBB 2023. -Dok. PBB di Indonesia-

BACA JUGA:Terungkap Alasan Ustaz Adi Hidayat Ikut Fatwa MUI Boikot Produk Israel: Bikin Listnya, Viralkan!

Briptu Renita mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas penghargaan Polwan Terbaik 2023 dari PBB yang diterimanya.

Ia menyebut prestasi yang diraihnya ini berkat dukungan Jenderal Sigit terhadap personel Polri yang menjadi pasukan perdamaian PBB.

"Award ini tidak akan tercapai tanpa dukungan Kepala Kepolisian RI. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri yang telah mendukung saya dalam misi PBB ini," ucap Renita dalam keterangan tertulis, Jumat 17 November 2023.

Tak lupa, terima kasih juga disampaikannya kepada Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Krishna Murti, yang menjadi pembimbing dalam mengemban misi sebagai pasukan peacekeeper di Afrika Tengah.

Briptu Renita merasa beruntung dapat menggunakan keterampilan teknologinya untuk meningkatkan keamanan bagi orang-orang di seluruh Republik Afrika Tengah.

BACA JUGA:Jokowi Pertemuan Trilateral Bersama PM Papua Nugini dan PM Fiji, Tegaskan Komitmen Kawasan Pasifik Damai

“Saya berharap visibilitas yang datang dari memenangkan penghargaan ini akan memperkuat di antara perempuan dan anak perempuan bahwa semua bidang keahlian dalam kepolisian terbuka untuk kita,” ungkap perempuan berusia 27 tahun itu.

Briptu Renita berharap, penghargaan ini bisa menjadikan motivasi bagi dirinya untuk terus mengembangkan diri lebih baik lagi demi memajukan Polri.

Selain itu, ia berharap hal ini bisa menjadi motivasi bagi rekan-rekan Polri lainnya.

Briptu Renita memulai karirnya dengan Polri Indonesia sebagai petugas informasi publik pada 2014 dan bekerja di bidang pelatihan, administrasi, dan logistik.

BACA JUGA:Anies-Imin Nomor 1, Prabowo-Gibran Nomor 2, Ganjar-Mahfud Nomor 3

Ia bagian dari Kontingen Garuda Bhayangkara (Garbha) Satgas FPU 5 Minusca yang bertugas di Bangui, Afrika Tengah, diberangkatkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 19 September 2023.

Kontingen diikuti 140 personel Polri dengan rincian 116 Polki dan 24 Polwan. Polri telah mengirimkan personel sebanyak 3184 Personel Polri ke MPP PBB.

Satgas FPU 5 MINUSCA sebelum diberangkatkan ke daerah misi wajib melewati tahapan latihan Pra Penugasan selama 7 Bulan di Pusat Misi Internasional Polri (Serpong) dan juga telah dibekali dengan kemampuan berstandar PBB seperti penanganan huru hara, penanganan Search & Rescue, investigasi, intelijen, negosiasi, kontra teroris, perlindungan VIP, penembak jitu, komunikasi elektronik, mekanik hingga medical combat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: