Simak! Syarat dan Cara Mengirim Hewan Menggunakan Kereta Api ke Luar Kota

Simak! Syarat dan Cara Mengirim Hewan Menggunakan Kereta Api ke Luar Kota

Syarat dan Cara Mengirim Hewan Menggunakan Kereta Api ke Luar Kota-brgfx-Freepik

Sertakan juga Surat Keterangan Vaksin Hewan dari dokter hewan. Vaksin tersebut harus diberikan minimal 3 bulan sebelum hewan dikirim.

Untuk pengiriman anjing, wajib menyertakan surat keterangan anti rabies yang dikeluarkan oleh dokter hewan.

BACA JUGA:Cara Pesan Tiket Kereta Cepat Whoosh untuk Rombongan, Cukup Via Whatsapp, Minimal 20 Orang

CARA PENGIRIMAN HEWAN LEWAT KERETA

Pengiriman hewan lewat kereta dapat dilakukan dengan mudah mengikuti langkah-langkah berikut:

Lengkapi semua dokumen yang diperlukan seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, beberapa dokumen mungkin membutuhkan waktu proses yang lebih lama, jadi pastikan Anda mengajukannya jauh-jauh hari sebelum tanggal pengiriman yang direncanakan.

Persiapkan kondisi hewan agar tetap sehat dan nyaman selama perjalanan.

Siapkan kandang yang sesuai, kokoh, aman, dan memiliki ventilasi yang baik. Jika Anda mengirim burung, pastikan Anda memasang kelambu atau kerudung gelap di sekeliling sangkar untuk mencegah stres akibat perubahan lingkungan sekitar.

Setelah ketiga langkah di atas terpenuhi, daftarkan pengiriman hewan Anda ke jasa ekspedisi pengiriman hewan dan lakukan pembayaran biaya yang diperlukan. Jika Anda ingin menghindari repot pergi ke kantor ekspedisi, pilihlah jasa pengiriman hewan yang menyediakan pendaftaran online.

BACA JUGA:4 Cara Sederhana Menghilangkan Hidung Tersumbat Secara Instan di Rumah

Hewan akan dikirim sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Selama perjalanan, operator kereta api bertanggung jawab atas perawatan dan pemantauan hewan. Namun, Anda tetap dapat memantau kondisi hewan dengan menghubungi operator kereta api.

Setelah sampai di tujuan, Anda dapat mengambil hewan di stasiun kereta api sesuai petunjuk yang diberikan oleh operator atau penyedia jasa ekspedisi.

BIAYA PENGIRIMAN HEWAN LEWAT KERETA

Sebagai referensi, estimasi biaya pengiriman hewan dari Jakarta ke Yogyakarta untuk berat 1 hingga 10 kilogram adalah Rp100.000. Tarif berikutnya akan disesuaikan dengan kota tujuan pengiriman.

Namun, biaya tersebut dapat berbeda-beda tergantung jasa layanan pengiriman hewan yang dipilih. Umumnya, paket pengiriman all in one yang mencakup pengurusan dokumen perjalanan hewan akan dikenakan biaya lebih tinggi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda hanya perlu menunggu dan tidak repot mengurus semua dokumen yang diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: