PNM Fasilitasi Nasabah Mekaar Studi Banding ke Thailand Dorong Nasabah Punya Mindset Global

PNM Fasilitasi Nasabah Mekaar Studi Banding ke Thailand Dorong Nasabah Punya Mindset Global

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memfasilitasi studi banding kepada nasabah binaannya. -pnm-

JAKARTA, DISWAY.ID -  Bukan kali pertama ini PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memfasilitasi studi banding kepada nasabah binaannya. 

Kali ini, PNM memberangkatkan 15 nasabah Mekaar yang gigih dan berkomitmen tinggi dalam mengembangkan usaha untuk studi banding ke Thailand. 

15 nasabah tersebut berasal dari Jambi, Lampung, Kabanjahe, Medan, Jakarta, Bandung, Purwokerto, Pati, Balikpapan, Bekasi, Makassar, Malang, Manado, Lamongan dan Madiun.

Pemberangkatan studi banding nasabah unggulan ini sejalan dengan upaya PNM memberikan modal intelektual selain modal finansial dan sosial. 

BACA JUGA:BRIN: Seng dan Vitamin D Ampuh Atasi Masalah Sunting Anak di Indonesia!

BACA JUGA:Hadir di HUT ke-78 Korps Brimob Polri, Menteri ATR/BPN Jadi Warga Kehormatan

Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi menyatakan bahwa studi banding bukan hanya soal perjalanannya tetapi potensi ide untuk pengembangan usaha nasabah. 

“Selain menambah wawasan dan cakrawala, ibu-ibu bisa mengambil informasi yang bisa ditiru dan disesuaikan dengan kemampuan usaha masing-masing,” papar Arief pada Selasa 5 Desember dalam acara Pelepasan Nasabah Peserta Studi Banding ke Thailand di Menara PNM.


PNM memberangkatkan 15 nasabah Mekaar yang gigih dan berkomitmen tinggi dalam mengembangkan usaha untuk studi banding ke Thailand. -pnm-

Studi banding juga bertujuan mendorong nasabah PNM Mekaar agar dapat meningkatkan relasi, serta pengetahuan baru tentang bagaimana UMKM di Thailand mampu berkembang.  

Harapannya para peserta dapat termotivasi untuk mengembangkan usaha, memperluas mindset agar bisa bersaing secara global dan menjadi penyemangat bagi nasabah lainnya.

Selain memiliki beragam potensi pembelajaran UMKM yang bisa digali, Program One Tambon One Product (OTOP) di Thailand dianggap memiliki kesamaan dengan salah satu program di PNM, sehingga pemilihan negara ini sebagai tujuan studi banding dirasa tepat. 

BACA JUGA:PLN Gandeng Perusahaan Listrik Asal Mesir Kerja Sama Kembangkan Proyek Smart Meter

BACA JUGA:Masih Punya Sisa Cuti? Intip 4 Destinasi Liburan untuk Rayakan Hari Ibu Bersama Keluarga

“OTOP di Thailand seperti program klasterisasi yang telah dijalankan oleh PNM, baik klasterisasi sektoral maupun teritorial. Kita dorong satu desa (memiliki) satu produk unggulan,” tambah Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: