Bos Djarum Hartono Bersaudara Masih Terkaya di Indonesia Versi Forbes 2023, Kekayaan Rp744 Triliun

Bos Djarum Hartono Bersaudara Masih Terkaya di Indonesia Versi Forbes 2023, Kekayaan Rp744 Triliun

Bos Djarum Hartono bersaudara masih terkaya di Indonesia versi Forbes 2023-Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID - Bos Djarum Hartono bersaudara masih orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2023 dengan harta kekayaan 48 miliar dolar atau setara Rp 744 Triliun (kurs Rp15.529 per dolar AS).

Bos Djarum Hartono bersaudara, yaitu Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono menduduki posisi teratas menggeser posisi Prajogo Pangestu dan Low Tuck Kwong.

Meski harta kekayaan gabungan saudara Hartono hanya tumbuh lambat menjadi 48 miliar dolar, Robert Budi dan Michael Hartono tetap masih terkaya di Indonesia.

BACA JUGA: Ini Dia 10 Orang Terkaya di Indonesia per November 2023, Taipan Prajogo Pangestu Langkahi Low Tuck Kwong dan Bos Djarum

BACA JUGA: 10 Potret Orang Terkaya di Indonesia dan Profil Ringkas

Sedangkan Lompatan paling spektakuler terjadi pada raja petrokimia dan energi Prajogo Pangestu, yang merupakan peraih keuntungan terbesar tahun ini baik dalam dolar maupun persentase. 

Menurut Forbes, peningkatan kekayaan bersihnya lebih dari delapan kali lipat menjadi 43,7 miliar dolar dari 5,1 miliar dolar pada tahun lalu, kini naik lima tingkat ke posisi peringkat kedua orang terkaya di Indonesia.

Pangestu mendapat keuntungan besar dengan mencatatkan dua perusahaannya produsen energi panas bumi Barito Renewables Energy dan penambang batu bara Petrindo Jaya Kreasi.

Low Tuck Kwong menjadi orang terkaya di Indonesia ketiga, yang juga memperoleh kekayaannya dari emas hitam, meningkatkan kekayaannya lebih dari dua kali lipat menjadi 27,2 miliar dolar karena Bayan Resources miliknya.

Produsen batu bara terbesar ketiga di negara tersebut, memperoleh keuntungan dari peningkatan penjualan. 

BACA JUGA: 10 Orang Terkaya di Indonesia per Oktober 2023 Versi Forbes, Bos Djarum Tergusur

BACA JUGA: Kekayaan Prajogo Pangestu Kembali Meroket, Kini Menduduki Peringkat 26 Orang Terkaya Dunia

Meski begitu, Low berada di peringkat ketiga, dikalahkan oleh perolehan kekayaan Pangestu yang meroket tajam.

Orang terkaya keempat ditempati Keluarga Widjaja meski tidak mencatatkan pergerakan besar dari sisi bisnis atau manuver di pasar modal, kekayaan keluarga pemilik Grup Sinarmas masih mampu tumbuh tipis menjadi US$ 10,8 miliar (Rp 167 triliun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: