Prakiraan Cuaca Jabodetabek Siang Cerah Berawan, Hujan Intensitas Ringan Malam Hari, Senin 11 Desember 2023

Prakiraan Cuaca Jabodetabek Siang Cerah Berawan, Hujan Intensitas Ringan Malam Hari, Senin 11 Desember 2023

Prakiraan Cuaca BMKG Jabodetabek, Senin 11 Desember 2023-anncapicture-Pixabay

Pada siang hari sekitar pukul 13:00 WIB dan 16:00 WIB, cuaca Jabodetabek masih diprediksi berawan dengan suhu antara 29 sampai 30 derajat celcius dengan kelembapan sekitar 70 hingga 75 persen. 

Angin bertiup dari arah Barat Laut dengan kecepatan 10 km/jam, sedangkan  malam hari, cuaca di Jabodetabek suhu antara 26-28°C dan kelembapan 75-85 persen, dengan angin bertiup dari arah Timur dan Tenggara.

Memasuki Bulan Desember, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa peralihan atau pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

BACA JUGA:Info Prakiraan Cuaca Jabodetabek Terbaru Hari Ini, Minggu 5 November 2023

BACA JUGA:Cek Prakiraan Cuaca Terbaru se-Jabodetabek Hari Ini, Sabtu 4 November 2023

" Cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan. Mulai dari hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta hujan es," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dwikorita Karnawati menambahkan,  arah angin bertiup sangat bervariasi, sehingga mengakibatkan kondisi cuaca tiba-tiba bisa berubah dari panas ke hujan atau sebaliknya. 

Namun, secara umum biasanya cuaca di pagi hari cerah, kemudian siang hari mulai tumbuh awan, dan hujan menjelang sore hari atau malam.

Awan Cumulonimbus (CB) biasanya tumbuh di saat pagi menjelang siang, bentuknya seperti bunga kol, warnanya ke abu-abuan dengan tepian yang jelas. 

BACA JUGA:Update Prakiraan Cuaca Terbaru Hari Ini di Jabodetabek Jumat, 3 November 2023

BACA JUGA:Cek Update Prakiraan Cuaca Terbaru di Jabdoetabek Hari Ini, Kamis 2 November 2023

Namun, menjelang sore hari, awan ini akan berubah menjadi gelap yang kemudian dapat menyebabkan hujan, petir, dan angin.

" Curah hujan dapat menjadi salah satu pemicu bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir bandang dan tanah longsor. Karenanya, kepada masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan yang rawan longsor, kami mengimbau untuk waspada dan berhati-hati," katanya.

Dwikorita menyampaikan BMKG memprediksi awal musim hujan 2023/2024 umumnya akan terjadi pada bulan Oktober hingga Desember 2023, yaitu sebanyak 477 Zona Musim (ZOM) atau 68,2 persen. 

Puncak musim hujan diprakirakan pada bulan Januari-Februari 2024, yaitu sebanyak 385 ZOM (55,1 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: