Uji Coba MLFF Bayar Tol Tanpa Sentuh di Ruas Bali-Mandara Berlaku untuk Mobil Dinas dan Taksi

Uji Coba MLFF Bayar Tol Tanpa Sentuh di Ruas Bali-Mandara Berlaku untuk Mobil Dinas dan Taksi

Sistem bayar tol MLFF akan uji coba di Jalan Tol Bali Mandara pada Juni 2023 nanti. -bpjt Kemenpupr-

Berangkat dari Bali, beberapa ruas tol di Indonesia juga bakal diterapkan uji coba MLFF. Bahkan rencananya paling tidak ada 6 ruas tol yang akan menerapkan sistem MLFF.

BACA JUGA:Jokowi Lantik Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN

"Pada akhirnya teknologi MLFF akan diperkenalkan seluruh rakyat indonesia, namun untuk tahapannya di awal ini kita akan lakukan test dengan friendly user di Bali," kata Gyula.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPRmenyebutkan, sejumlah ruas tol cocok untuk dilakukan uji coba teknologi MLFF. Kriteria tol yang dicari merupakan perwakilan 80% dari trafic keseluruhan jalan tol di Indonesia.

Misalnya seperti Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR. Kelima tol tersebut merupakan perwakilan 80% dari traffic keseluruhan jalan tol di Indonesia.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan MLFF di Gerbang Tol Ngurah Rai Jalan Tol Bali-Mandara pada Rabu, 22 November 2023-Kementerian PUPR-

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, proses uji coba MLFF ini lebih tepatnya dilakukan pada minggu kedua Desember 2023 di Tol Bali Mandara.

"MLFF jadi ada masa transisinya ya, Desember minggu kedua dilakukan uji coba," ujar Basuki di Jakarta, Selasa 14 November 2023. 

BACA JUGA:Ini Dia 11 Nama Panelis Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

Menurut Basuki, nantinya proses uji coba tersebut akan berlangsung selama 2 pekan. 

Kemudian, rangkaian uji coba MLFF tersebut akan memasuki tahap evaluasi pada akhir Desember 2023.

Adapun, proses evaluasi tersebut akan mengukur efektivitas uji coba MLFF yang akan dijadikan barometer untuk pengembangan sistem pembayaran tol nirsentuh di Indonesia ke depan. 

"Kita evaluasi kalau itu bagus dan berhasil kita expand. Kalau ada kekurangan kita improve dulu, baru coba lagi baru expand," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Hedy Rahadian, menjelaskan, apabila proses evaluasi uji coba MLFF dinilai menunjukkan peforma yang apik, maka pihaknya akan segera melakukan ekspansi penetapan sistem pembayaran tol nirsentuh ke 6 ruas lainnya yang tersebar di wilayah Jawa. 

BACA JUGA:Wanita Diduga Dibunuh Kekasih, Ditemukan Mulut hingga Hidung Dilakban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: