Geramnya Presiden Erdogan Lihat Oknum Petinggi Klub Hajar Wasit dan Dikeroyok di Laga Derby Liga Turki

Geramnya Presiden Erdogan Lihat Oknum Petinggi Klub Hajar Wasit dan Dikeroyok di Laga Derby Liga Turki

Wasit Halil Umut Meler dihajar Presiden Ankaragucu, Faruk Koca dalam laga derby liga Turki menghadapi Caykur Rizespor, Senin 11 Desember 2023 malam. -Anadolu Ajansi-

ANKARA, DISWAY.ID - Federasi Sepak Bola Turki (TFF) memutuskan untuk menyetop sementara seluruh pertandingan liga terhitung Selasa, 12 Desember 2023 sampai waktu yang belum ditetapkan.

Keputusan tersebut diambil TFF menyusul kericuhan yang disebabkan tindakan Presiden Klub Ankaragucu, Faruk Koca yang menghajar wasit Halil Umut Meler dalam laga derby liga Turki menghadapi Caykur Rizespor, Senin 11 Desember 2023 malam. 

BACA JUGA:Brutal! Wasit di Liga Turki Ditonjok Presiden Klub Sampai Jatuh Tak Berdaya, Bahkan Juga Ditendangi

BACA JUGA:Netizen Turki Gabung Dengan JulidFiSabilillah, Serangan ke Israel Makin Massiv

Menurut Ketua TFF, Mehmet Buyukeksi, tindakan Faruk merupakan sikap tercela yang tak bisa ditolerir dalam persepakbolaan Turki. 

"Klub yang bertanggung jawab dan manajernya akan mendapat hukuman berat. Setiap orang yang mengincar wasit terlibat dalam kejahatan tercela ini," ujar Ketua Umum TFF Mehmet Buyukeksi setelah pertemuan luar biasa dengan dewan eksekutif klub dilansir dari Anadolu Ajansi.

Video viral kericuhan itu mendunia seusai diunggah oleh jurnalis olahraga kenamaan, Fabrizio Romano. Bahkan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk aksi kekerasan itu dan memerintahkan untuk menghentikan semua pertandingan liga sepak bola Turki.

Penyerangan wasit Meler oleh Faruk Koca terjadi usai laga Ankaragucu vs Rizespor yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Eryaman. Tak hanya dipukul, Meler juga jatuh tersungkur akibat dikeroyok dan ditendang oleh sejumlah pemain serta ofiaial Ankaragucu. 

BACA JUGA:Ekspansi Israel Tak Hanya Ramallah dan Gaza, Erdogan: Mekah dan Madinah Terancam!

BACA JUGA:Sambil Gandeng Jokowi, Erdogan Bahas Masalah Gaza hingga Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Meler langsung mendapat perawatan dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara Koca yang sempat ditenangkan pelatih Ankaragucu Emre Belozoglu juga dilaporkan berada di rumah sakit dan akan dikenai hukuman.

"Prosedur penahanan akan dilakukan setelah perawatan," tulis Menteri Dalam Negeri Turki Ali Yerlikaya di akun X.

Yerlikaya mengatakan, bahwa dua orang yang ikut menyerang Meler bakal ditahan atas instruksi dari Kepala Kantor Kejaksaan Ankara Barat karena tindakan penganiayaan.

Tak hanya itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga membuat pernyataan keras atas tindakan Koca kepada Meler yang memiliki lisensi FIFA tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: