Survei Id-Insight Tunjukan Elektabilitas Ganjar-Mahfud Meningkat

Survei Id-Insight Tunjukan Elektabilitas Ganjar-Mahfud Meningkat

Direktur Indonesia Data Insight, John Muhammad dalam kegiatan Rilis Hasil Survei Nasional Peta Politik Jelang Pemilu 2024.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Lembaga Survei Indonesia Data Insight (Id-Insight) menunjukan bahwa elektabilitas pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meningkat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Indonesia Data Insight, John Muhammad dalam kegiatan Rilis Hasil Survei Nasional Peta Politik Jelang Pemilu 2024 yang diadakan di Hotel Amaris, Juanda, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Januari 2024.

BACA JUGA:Ganjar Minta KPU Tindak Lanjuti Video Ratusan WNI di Malaysia tak Masuk DPT

Dia mengatakan, meski popularitas para kandidat capres-cawapres menguat namun tidak dengan ketersukaan para pemilih yang mana posisi Ganjar-Mahfud berada di posisi kedua, namun peningkatan elektabilitasnya naik dari pada pasangan calon lainnya. 

"Popularitas kandidat capres dan cawapres rata-rata sudah cukup tinggi, namun tidak cukup pararel dengan tingkat ketersukaan pemilih," ujar John Muhammad dalam paparannya.

BACA JUGA:Polri Bantah Tudingan TPN Ganjar yang Menyebut Lembaga Survei Harus Izin Polisi saat Sebar Kuesioner

Adapun dalam temuannya itu, kata John, tingkat keterkenalan Prabowo tertinggi 97,9 persen, Ganjar 97,1 persen dan Anies 95,8 persen. Namun tingkat ketersukaan Prabowo hanya 69,8 persen. 

Angka ini lebih rendah daripada Ganjar yang mencapai 74,4 persen. Sementara itu, angka ketersukaan Anies juga lebih rendah daripada Ganjar yang hanya 59,3 persen.

Begitu pula dengan tingkat keterpilihan Prabowo yang turut menurun. Id-insight mencatat bahwa elektabilitas Prabowo dalam pertanyaan terbuka di angka 33,8 persen. 

BACA JUGA:Panglima TNI Saat Ditanya Soal Pengeroyokan Relawan Ganjar-Mahfud

Angka ini masih lebih tinggi daripada Anies Baswedan di 21,2 persen. Akan tetapi masih kalah dengan Ganjar yang berada di angka 34,7 persen. 

Lebih lanjut, kata John Muhammad, jika dilakukan simulasi elektabilitas, suara Ganjar-Mahfud lebih baik daripada Prabowo-Gibran maupun Anies-Muhaimin.

“Jika Pemilu dilaksanakan hari ini, maka hasil suara yang diperoleh Ganjar-Mahfud mengungguli pasangan Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin dengan perolehan 38,3 persen,” jelasnya.

BACA JUGA:Aktivis 98 dan Praktisi Hukum Kecam Sikap Represif Oknum TNI Aniaya Relawan Ganjar-Mahfud di Boyolali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: