Waduh! Andre Taulany Dituntut Bayar Royalti Lagu 'Mungkinkah' Rp 35 Miliar

Waduh! Andre Taulany Dituntut Bayar Royalti Lagu 'Mungkinkah' Rp 35 Miliar

Andre Taulany Disomasi Gitaris Stinky, Dilarang Bawakan Lagu 'Mungkinkah'-X/@ugieeeee-

"Ini hal yang serius bagi klien kami karena bertahun-tahun lagunya dipakai oleh manajemen Stinky tanpa perjanjian yang jelas dan semaunya, sementara dari lagu karya cipta klien kami ini kita tahu itu lagu pamungkas dari Stinky yang menganggap sodara Andra Taulany sehingga menjadi artis papan atas seperti sekarang ini," tuturnya.

Andre Taulany dilarang bawakan lagu Mungkinkah

Sebelumnya, Andre Taulany beserta mantan bandnya, yaitu Stinky dilarang membawakan lagu 'Mungkinkah' pada event apapun mulai 30 Desember 2023.

BACA JUGA:Taylor Swift Pecahkan Rekor Elvis Presley di Tangga Lagu Billboard 200

Larangan tersebut diungkapkan langsung lewat somasi yang dibuat oleh sang pencipta lagu Mungkinkah, Ndank Surahman Hartono yang juga merupakan gitaris dari band Stinky.

"Selamat sore saya Ndank Surahman Hartono hari ini tanggal 30 Desember 2023 saya membuat video pelarangan terbuka atau somasi untuk diketahui banyak pihak bahwa mulai hari ini saya melarang keras Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu karya saya seperti Mungkinkah, Jangan Tutup Dirimu dan lain-lain", ujar Ndank dalam sebuah video somasi yang diunggahnya, Sabtu 30 Desember 2023.

Ndank melayangkan somasi tersebut karena ia merasa memiliki hak eksklusif sebagai pencipta lagu, sesuai dengan UU Hak Cipta No. 28 tahun 2014.

BACA JUGA:Metallica Sukses Guncang Arab Saudi, Mainkan 16 Lagu di Konser Musik Soudstrom

Ndank Surahman Hartono terpaksa melarang Andre Taulany dan Stinky membawakan lagu ciptaannya itu karena dorongan dari penggemar dan teman-teman musisi lainnya. 

Ndank mengaku sudah mencoba menghubungi Andre Taulany, tetapi tak mendapat jawaban. 

“Sebenarnya bukan masalah uang, tapi enggak munafik itu ada uang ada nilai sebetulnya. Kenapa saya ada video somasi itu karena saya sudah mencoba WhatsApp Andre dan telepon. Tidak ada direspons sama sekali, dijawab pun enggak,” ujar Ndank melalui pesan suara, baru-baru ini.

“Dari Stinky saya sempat membicarakan bahwa performing rights, tapi Stinky menberikan kewajibannya di luar ekspektasi saya dengan nilai yang sangat kecil,” tuturnya. 

Ndank juga sempat bernegosiasi ulang mengenai pembayaran itu pada Stinky, tetapi tak mencapai kesepakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: