Mobnas Vietnam, VinFast Ramaikan Pasar Otomotif di Indonesia, Bakal Bangun Pabrik Senilai 1,2 Miliar Dollar

Mobnas Vietnam, VinFast Ramaikan Pasar Otomotif di Indonesia, Bakal Bangun Pabrik Senilai 1,2 Miliar Dollar

Mobnas Vietnam, Vinfast Ramaikan Pasar Otomotif di Indonesia, Bakal Bangun Pabrik Senilai 1,2 Miliar Dollar-X/@Vinfastofficial-

JAKARTA. DISWAY.ID-- Dalam kunjungan kerjanya ke Vietnam. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi terhadap komitmen investasi mobil nasional Vietnam (Mobnas) yaitu VinFast untuk membangun pabrik di Indonesia.

Diketahui, investasi dari VinFast untuk membangun pabrik di Indonesia ini senilai US$1,2 miliar yang bertujuan untuk pembangunan ekosistem mobil listrik dan baterai di Indonesia. 

BACA JUGA:Jokowi: Indonesia- Vietnam Berkomitmen Perkuat Kerjasama Perdagangan

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Nasional Vietnam Vuong Dinh Hue yang digelar di Lotus Room, National Assembly, Hanoi, Vietnam, pada Jumat 12 Januari 2024.

"Saya mengharapkan dukungan Yang Mulia untuk mendorong kebijakan akselerasi transisi energi dan kemandirian industri energi terbarukan serta realisasi joint production baterai EV antara VinFast dengan PT IBC," ujar Jokowi dalam keterangannya, Jumat 12 Januari 2024.

BACA JUGA:Indonesia- Vietnam Bidik Kerja Sama Kendaraan Listrik

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita juga bertemu dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Vietnam Nguyen Hong Dien di Hanoi, Kamis 11 Januari 2024. 

Salah satu kesepakatan yang telah dicapai, yakni pembentukan task force yang bertugas untuk meningkatkan penurunan karbon dan good regulatory practice (GRP).

“Kami mengusulkan perlunya kerja sama pengembangan ekosistem industri baik secara bilateral ataupun melalui wadah ASEAN,” ungkap Agus Gumiwang.

Vietnam juga mengusulkan kerja sama di bidang teknologi digital, semikonduktor, dan hilirisasi sumber daya alam (SDA). 

Apalagi kedua negara memiliki SDA melimpah seperti nikel di Indonesia dan tanah jarang di Vietnam yang sangat diperlukan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Debut VinFast di Indonesia

Seperti diketahui, mobnas Vietnam ini akan mulai debutnya di Indonesia pada ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2024 yang akan berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 15-25 Februari 2024 mendatang.

Pada pameran otomotif tersebut VinFast akan memboyong mobil listrik pertamanya ke Indonesia, yaitu VF5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: