Jokowi Kunjungi Pabrik VinFast, Mobnas Vietnam yang Bakal Jualan di Indonesia

Jokowi Kunjungi Pabrik VinFast, Mobnas Vietnam yang Bakal Jualan di Indonesia

Jokowi Kunjungi Pabrik VinFast, Mobnas Vietnam yang Bakal Jualan di Indonesia-dok. vinfastauto-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam kunjungan kerjanya ke Vietnam, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pabrik mobil nasional (mobnas) dan sepeda motor listrik Vietnam, yaitu VinFast di Hai Phong, Sabtu 13 Januari 2024. 

Sebelumnya, di Hanoi, Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh telah bertemu dengan mitra bisnis dari kedua negara, termasuk VinFast dan GSM.

BACA JUGA:Mobnas Vietnam, VinFast Ramaikan Pasar Otomotif di Indonesia, Bakal Bangun Pabrik Senilai 1,2 Miliar Dollar

Pada kunjungan ke pabrik VinFast tersebut, Ketua Vingroup dan CEO VinFast Global, Bpk. Pham Nhat Vuong, sendiri yang mengemudikan kereta listrik, memandu Presiden Jokowi dalam tur jarak dekat ke kompleks canggih VinFast.

Dilansir dari laman rersmi VinFast, setelah berkeliling kompleks dan mempelajari jajaran kendaraan listrik VinFast, Jokowi mengungkapkan kegembiraannya mengunjungi fasilitas tersebut dan terkesan dengan kualitas dan kelas kendaraan VinFast. 

Jokowi juga mengatakan akan menciptakan segala kondisi yang diperlukan agar VinFast dapat segera menyelesaikan prosedur investasi produksi dan bisnis di pasar Indonesia.

BACA JUGA:Intip Dua Mobil Listrik Buatan Vietman: VinFast VF 6 dan VF 7

Pabrik VinFast

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, VinFast berencana berinvestasi setidaknya 1,2 miliar USD di Indonesia dalam jangka panjang. 

Selain mendistribusikan kendaraan yang diimpor dari Vietnam ke pelanggan Indonesia pada tahap awal, VinFast juga akan berinvestasi sebesar 200 juta USD untuk membangun pabrik manufaktur kendaraan listrik dengan perkiraan kapasitas produksi 30.000 - 50.000 kendaraan per tahun di Indonesia.


Presiden Jokowi mencoba salah satu model dari mobil VinFast-dok. vinfastauto-

VinFast dan GSM melaporkan kepada pemimpin kedua negara mengenai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan teknologi terkemuka Indonesia – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, pemilik platform layanan transportasi Gojek.

GSM, didirikan oleh Ketua Vingroup Pham Nhat Vuong, memelopori layanan penyewaan dan taksi berkelanjutan secara eksklusif menggunakan mobil listrik dan skuter VinFast.

BACA JUGA:Indonesia- Vietnam Bidik Kerja Sama Kendaraan Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: