KPK Minta Capres dan Cawapres Komitmen Beri Sanksi Pejabat Tak Patuh LHKPN

KPK Minta Capres dan Cawapres Komitmen Beri Sanksi Pejabat Tak Patuh LHKPN

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango meminta kepada ketiga Capres dan Cawapres yang terpilih jadi presiden untuk berkomitmen memberikan sanksi pemberhentian terhadap pejabat publik yang tidak patuh menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara -tangkapan layar youtube-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango meminta kepada ketiga Capres dan Cawapres yang terpilih jadi presiden untuk berkomitmen memberikan sanksi pemberhentian terhadap pejabat publik yang tidak patuh menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Mulanya, Nawawi menyinggung soal Pasal Nomor 28 Tahun 1999 yang tidak terdapat sanksi tegas didalamnya.

"Pertama, penguatan instrumen LHKPN. UU Nomor 28 Tahun 1999 yang menjadi dasar bagi Komisi Pemberantasan Korupsi, melakukan pendaftaran serta pemeriksaan LHKPN," jelas Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Rabu, 17 Januari 2024.

BACA JUGA:Dunlop Ungkap Tak Ada Hubungan Atas Penutupan PT Hung A: Dia Bukan Produsen Produk Kami

BACA JUGA:KPK Gelar Paku Integritas yang Dihadiri 3 Capres dan Cawapres, Nawawi: Tidak Dadakan atau Pansos

"Namun UU ini tidak menyebutkan sanksi yang tegas, selain sanksi administrasi untuk ketidakpatuhan terhadap kewajiban," tambahnya.

Menurutnya, akibat tak adanya sanksi tegas tersebut membuat banyak pejabat negara yang menganggap remeh dengan tidak melaporkan LHKPN dengan secara lengkap.

"Saat ini kepatuhan penyampaian LHKPN secara lengkap diabaikan oleh sekitar 10 ribu dari 371 ribu penyelenggara negara," ujarnya

BACA JUGA:Geger! Kuyang Beredar di Bogor Trending Topik di Twitter, Netizen: Kena Gusur IKN?

BACA JUGA:Tersangkut Bendera Parpol, Pasutri Alami Kecelakaan di Fly Over Pancoran Hingga Menderita Patah Tulang

Selain itu, Nawawi memohon agar nantinya presiden dan wakil presiden yang memenangkan kontestasi nantinya bisa menjadikan LHKPN dan hasil pemeriksaan LHKPN sebagai salah satu kriteria bagi promosi pengangkatan seseorang dalam jabatan publik. 

"KPK siap menyampaikan hasil pemeriksaan LHKPN kepada presiden untuk ditindaklanjuti," lanjut Nawawi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: