Survei Indikator Politik: Kejaksaan Agung Raih 76.2 Persen Tingkat Kepercayaan Publik

Survei Indikator Politik: Kejaksaan Agung Raih 76.2 Persen Tingkat Kepercayaan Publik

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah memeriksa 3 orang saksi terkait kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah periode 2015-2022 pada Rabu 24 April 2024.-reza-

JAKARTA, DISWAY.ID - Lembaga Indikator Politik membeberkan hasil survei nasional terkait kepercayaan publik terhadap lembaga negara.

Hasilnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadi lembaga yang dipercaya publik.

Dalam temuan Indikator Politik Indonesia, tingkat kepercayaan publik atau public trust terhadap Kejaksaan Agung berada di angka 76.2 persen. 

Dimana angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan lembaga Polri dengan tingkat kepercayaan sebesar 75.3 persen serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 70.3 persen.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Terbaru Hari Ini, Kamis 25 Januari 2024

BACA JUGA:Sudirman Said Tanggapi Pernyataan Jokowi: Singgung Sulitnya Lepaskan Fasilitas Negara Jika Ikut Berkampanye

"Kejaksaan Agung ini sebelumnya itu sering kali menempati peringkat lembaga penegak hukum yang paling rendah trust public-nya," terang Burhanuddin Muhtadi selaku Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia pada Kamis 25 Januari 2024.

"Tapi belakangan terutama sejak 2 atau 3 tahun terakhir ini Kejaksaan Agung ini mulai menyalip trust public terhadap lembaga-lembaga penegak hukum," tambahnya.

Survei itu dilaksanakan pada 30 Desember 2023-6 Januari 2024 dengan melibatkan 4.560 responden yang ditentukan secara stratified random sampling.

BACA JUGA:Jokowi Sebut Presiden Boleh Memihak dan Kampanye, Netizen Pertanyakan Netralitas Pejabat Negara

BACA JUGA:Hasil Tes Urine Siskaeee Diungkap Polda Metro Jaya

Adapun toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menanggapi hal ini, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum), Ketut Sumedana mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada Kejaksaan. 

"Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada Kejaksaan. Sebagaimana yang disampaikan Jaksa Agung dalam berbagai kesempatan, capaian yang diraih harus terus dijaga dan ditingkatkan, karena setiap tindakan Insan Adhyaksa adalah wajah Kejaksaan di tengah masyarakat," kata Ketut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: