Real Madrid Kudeta Manchester City Sebagai Klub Pendapatan Tertinggi di Dunia 'Deloitte Football Money League'

Real Madrid Kudeta Manchester City Sebagai Klub Pendapatan Tertinggi di Dunia 'Deloitte Football Money League'

Real Madrid Kudeta Manchester City Sebagai Klub Pendapatan Tertinggi di Dunia 2022-2023-Realmadrid/Instagram-

BACA JUGA:Kylian Mbappe 'Diam-diam' Mau Gabung Real Madrid Secara Gratis, PSG Langsung MURKA!

BACA JUGA:PSG Ultimatum Real Madrid, Mbappe Bisa Ditebus Rp 3,2 Triliun

Sementara Liverpool, yang merupakan klub dengan pergerakan terbesar pada edisi tahun lalu, naik dari peringkat ketujuh ke peringkat ketiga.

Melaporkan penurunan peringkat tahunan terbesar tahun ini ketika mereka kembali ke peringkat ketujuh, satu dari tiga klub yang melaporkan penurunan pendapatan.

Atletico Madrid dan West Ham United adalah dua klub lainnya yang mengalami penurunan pendapatan, dan tim-tim Premier League kini menempati delapan dari 20 besar, turun dari 11 klub tahun lalu, dengan Leicester City, Leeds United dan Everton digantikan oleh Eintracht Frankfurt, Napoli dan Olympique Marseille.

Total pendapatan yang dihasilkan oleh klub-klub Money League pada tahun 2022-2023 mencapai rekor 10,5 miliar euro, meningkat 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan melampaui level sebelum pandemi (9,2 miliar euro pada tahun 2021-2022 dan 2018-2019).

BACA JUGA:Tolak Real Madrid, Kylian Mbappe Diminta Stay di PSG

BACA JUGA:MU Gigit Jari! Jude Bellingham Resmi Dijual ke Real Madrid Rp1,6 Triliun, Pembelian Sejarah Ketiga!

Sementara itu Football Money League Deloitte melaporkan pendapatan yang dihasilkan dari tim wanita untuk kedua kalinya, dengan Barcelona mempertahankan posisi teratas dengan menghasilkan pendapatan sebesar 13,4 juta euro, meningkat 74 persen  dibandingkan tahun lalu.

Manchester United tetap berada di peringkat kedua dengan pendapatan delapan juta euro, disusul Real Madrid (7,4 juta euro), City (5,3 juta euro), dan Arsenal (5,3 juta euro).

“ Tingkat pertumbuhan finansial yang signifikan tercatat pada musim 2022-23 di seluruh kasta teratas sepak bola wanita Eropa,” kata Amy Clarke, pimpinan olahraga wanita di Deloitte’s Sports Business Group.

“ Peningkatan jumlah pertandingan wanita yang dimainkan di stadion utama klub meningkatkan pendapatan pertandingan, sementara peningkatan jumlah penonton dan kemitraan individu membantu mempercepat komersialisasi permainan tersebut,”kata Amy Clarke.

BACA JUGA:Puja Puji Benzema Tiba di Al Ittihad Usai Dari Real Madrid: Digaji Rp 3,1 Triliun, 'Harimau Baru Akan Mengaum'

BACA JUGA:Pengakuan Benzema Rela Tinggalkan Real Madrid dan Berpaling ke Al-Ittihad, Digaji Berapa?

Berikut 20 Klub Eropa dengan Pendapatan Tertinggi 2024 (revenue dari musim 2022-2023)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: