Jokowi Resmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar dengan Biaya Rp 70 Miliar

Jokowi Resmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar dengan Biaya Rp 70 Miliar

Jokowi Resmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar dengan Biaya Rp 70 Miliar-Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pesiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua terminal tipe A di Provinsi Jawa Barat, yaitu  terminal Leuwipanjang di Kota Bandung dan terminal Banjar di Kota Banjar pada Sabtu, 3 Februari 2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Terminal Leuwipanjang di Kota Bandung dan Terminal Banjar di Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat,” ujar Jokowi dalam sambutannya saat peresmian yang dipusatkan di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung.

BACA JUGA:Jokowi Ungkap Alasan Pilih Tito Karnavian Sebagai Pengganti Mahfud MD

Jokowi pun mengapresiasi bangunan terminal yang dibangun dengan anggaran Rp70 miliar tersebut. 

Ia berharap kehadiran terminal tersebut dapat mendorong kembali minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

“Ini untuk mendorong masyarakat agar kembali menggunakan transportasi umum, berbondong-bondong lagi tidak menggunakan kendaraan pribadi, tidak menggunakan mobil pribadi,” ungkapnya.

BACA JUGA:Polri Beberkan Pedoman Netralitas dalam Pemilu 2024

Jokowi juga menjelaskan bahwa kehadiran terminal tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di Provinsi Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. 

Presiden juga mengingatkan bahwa kemacetan dapat mengakibatkan kerugian ekonomi, misalnya di Jabodetabek yang mengalami kerugian hampir Rp100 triliun.

“Saya sangat menghargai pembangunan ini dan semoga nanti kita bisa mendorong masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi umum, baik itu bus, baik itu kereta api, baik itu kayak di Jakarta ada MRT, LRT, KRL, kereta cepat jadi akan sangat-sangat mengurangi kemacetan yang ada di jalan yang kita miliki,” jelasnya.

BACA JUGA:Maklumat Alumni PTN Se-Indonesia Sebut Pemerintah Jokowi Tak Pernah Cederai Demokrasi

Selain itu, kehadiran kedua terminal tersebut turut diharapkan dapat meningkatkan mobilitas orang, baik antarkota maupun dalam kota.

“Semoga Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar di Provinsi Jawa Barat ini nanti bisa mempercepat mobilitas orang dari satu kota ke kota yang lain atau di dalam kota,” tukasnya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peresmian tersebut adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, dan Pj. Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: