Jokowi Ungkap Alasan Pilih Tito Karnavian Sebagai Pengganti Mahfud MD

Jokowi Ungkap Alasan Pilih Tito Karnavian Sebagai Pengganti Mahfud MD

Mendagri Tito Karnavian ditunjuk sebagai Plt Menkopolhukam.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai alasannya memilih Tito Karnavian sebagai pengganti Mahfud MD yang telah mengundurkan diri dari jabaran Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Menurut Jokowi, Tito Karnavian dianggap tepat sebagai Plt Menko Polhukan karena memiliki pengalaman yang baik di bidang politik, hukum dan keamanan.

BACA JUGA:Gantikan Mahfud MD, Tito Karnavian Ditunjuk Jadi Plt Menkopolhukam

Ya, Pak Tito (ditunjuk menjadi Plt Menko Polhukam) karena juga punya pengalaman dulu di BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris), kapolri, sekarang di mendagri. Saya kira untuk memegang di menko polhukam sudah enggak saya kira tidak ada masalah," ujar Jokowi dalam keterangannya, di Bandung, Sabtu 3 Februari 2024.

Jokowi juga mengungkapkan, meskipun telah menunjuk Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam, dirinya juga sedang mempersiapkan sosok Menko Polhukam yang definitif dan tidak ingin terburu-buru.

"Ya, nanti dilihat lah (penunjukan menko polhukam definitif). Kita ini yang penting organisasinya berjalan dengan baik, yang paling penting itu," tegas Jokowi.

BACA JUGA:Tito Karnavian Jadi Plt Menkopolhukam Sampai Ada Pengganti Definitif

Mahfud MD Mundur dari jabatan Menko Polhukam

Sebelumnya diberitakan, Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Hal ini diungkapkan langsung melalui siaran langsung di Instagram resmianya @mohmahfudmd.


Mahfud MD mundur, siap meninggalkan gaji dan tunjangan segini--Instagram @mohmahfudmd

“Saya tidak akan mengatakan apa-apa sebelum saya menyampikan ke presiden (Joko Widodo). Saya pamit dengan penuh kehormatab, saya melaporkan telah selesai,” kata dia kepada awak media, Rabu, 31 Januari 2024.

Lebih jauh, Mahfud mengaku telah meminta waktu bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya besok. Ia mengaku ingin pamit baik-baik.

BACA JUGA:Berlakukan Hybrid Working Bagi Swasta, Tito Karnavian Beri Instruksi Kepala Daerah di Jabodetabek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: