Gantikan Mahfud MD, Tito Karnavian Ditunjuk Jadi Plt Menkopolhukam

Gantikan Mahfud MD, Tito Karnavian Ditunjuk Jadi Plt Menkopolhukam

Mendagri Tito Karnavian ditunjuk sebagai Plt Menkopolhukam.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menindak lanjuti pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujuinya.

Sedangkan untuk menggantikan posisi sementara yang ditinggal Mahfud MD, Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Jenderal Purnawirawan Polri tersebut ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkopolhukam.

BACA JUGA:Mahfud MD Pecat 4 Staf Khusus Menkopolhukam, Alasannya Ikut

Penunjukan Tito seiring diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Mahfud MD. 

"Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres No 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menko Polhukam," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 2 Februari 2024.

Dalam Keppres tersebut, juga memuat jabatan yang diemban oleh penggantinya.

"Penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif," jelasnya.

Diketahui, Mahfud MD secara resmi telah resmi menyampaikan surat pengunduran dirinya dari kabinet yang diserahkan kepada Presiden Jokowi, Kamis, 1 Februari 2024.

BACA JUGA:Polri Tegaskan Tetap Netral dalam Pemilu 2024

Mahfud mundur dari kursi menteri karena tengah ikut berkontestasi di Pemilu 2024 dengan menjadi cawapres bagi Ganjar Pranowo. 

"Saya secara resmi dan dengan penuh hormat hari ini nyatakan surat menyatakan minta atau mohon berhenti," katanya di Istana Kepresidenan. 

Presiden Joko Widodo pada pagi tadi saat ditanya penggati Mahfud, mengaku akan menyiapkan Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Mahfud MD sebagai Menkopolhukam.

"Ya kemarin sudah menyampaikan surat pengunduran diri kepada saya, dan pagi hari ini Keppresnya kita siapkan," ujar Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: