Skybridge Bojonggede Akan Diperpanjang ke Arah Peron Jakarta

Skybridge Bojonggede Akan Diperpanjang ke Arah Peron Jakarta

Skybridge Bojonggede Akan Diperpanjang ke Arah Peron Jakarta-Dok. BKIP Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebagai upaya memperpendek perjalanan penumpang di Stasiun Bojonggede, BPTJ merencanakan akan menambah lintasan Skybridge Bojonggede ke arah peron Jakarta

Rencana tersebut akan segera direalisasikan secepatnya tahun depan, mengingat ada beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan di tahun ini.

BACA JUGA:Skybridge Simpang Temu Lebak Bulus Resmi Dibuka, Jadi Spot Instagramable Terbaru di Jakarta

Saat ini, untuk menuju ke arah Jakarta, penumpang harus melintasi underpass dengan jarak yang cukup jauh dari hall entrance skybridge. 

Perpindahan ini cukup menyita waktu perjalanan, sehingga diperlukan short cut untuk bisa memudahkan mobilitas penumpang.

Direktur Prasarana BPTJ, Zamrides mengungkapkan, tahun ini segera menyusun detailed engineering design (DED) dan dilanjutkan dengan pembebasan lahan dari warga yang terdampak.

BACA JUGA:KRL Tertahan Satu Jam di Stasiun Pondok Ranji, Ratusan Penumpang Kepanasan di Dalam Gerbong

"Kami perlu melakukan persiapan awal sebelum skybridge Bojonggede diperpanjang hingga peron yang mengarah ke Jakarta. Hal ini merupakan upaya kami mempersingkat waktu perjalanan pengguna komuter di Bojonggede. Untuk underpass akan kami bicarakan terlebih dahulu dengan PT KCI seperti apa baiknya," jelas Zamrides pada Jumat 2 Februari 2024.

Untuk rencana perpanjangan, tentunya akan ada lahan milik warga yang terdampak. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridallah menyampaikan bahwa Pemkab Bogor siap untuk mendukung upaya Pemerintah Pusat dari sisi kesediaan lahan.

BACA JUGA:Viral Tenda Hajatan Didirikan di Tengah Rel dekat Stasiun Tanjung Priok, KAI: Melanggar UU Perkeretaapian!

"Rencana pembebasan lahan seluas kurang lebih 300 meter persegi akan secepatnya dilakukan, kami menunggu beberapa perhitungan pasti dari BPTJ Kementerian Perhubungan terkait kebutuhan lahan yang perlu dibebaskan nantinya melalui DED yang akan disusun pada tahun ini," jelas Agus.

Selain perpanjangan Skybridge, pembenahan lain yang akan dilakukan adalah menutup area yang terputus dari Stasiun Bojonggede dengan Skybridge dengan kanopi oleh PT KCI.

Direktur Komersial dan Operasi, Broer Rizal menyampaikan bahwa hal ini sudah lama dipertimbangkan. 

"Kami akan segera mempercepat pembangunan kanopi ini, jika tidak ada kendala diharapkan semester I dapat segera terealisasi," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: