Banyak APK Caleg Rusak, SBY: Pengawas Pemilu dan Juga Aparat Penegak Hukum Harus Bisa Melindungi dan Mengamankan

Banyak APK Caleg Rusak, SBY: Pengawas Pemilu dan Juga Aparat Penegak Hukum Harus Bisa Melindungi dan Mengamankan

Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menghadiri acara Pidato Politik Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta kepada penyelenggara pemilu, khususnya Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) untuk mengamankan alat peraga kampanye (APK), maupun milik capres-cawapres ataupun para caleg di setiap partai politik.

Permintaan itu disampaikan langsung olehnya lewat pidato politik Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Avenzel Hotel & Convention Center, Cibubur, Jatisampurna, Bekasi, Rabu, 7 Februari 2024.

"Ke depan, para pengawas pemilu dan juga aparat penegak hukum harus bisa melindungi dan mengamankan Alat Peraga Kampanye itu," ujar SBY dalam pidatonya.

BACA JUGA:SBY Bicara Pemilu 2024: Sistem, Konsep, dan Aturan Kampanye Perlu Diperbaiki

"Berikan perlindungan dan pengamanan terhadap semua APK milik pasangan capres-cawapres manapun, milik para caleg siapapun dan milik semua partai politik," sambungnya.

Lebih lanjut, SBY juga mewanti-wanti hal tersebut agar tidak adanya keributan yang muncul hanya karena permasalahan APK.

Oleh sebab itu, SBY berharap pihak pengawas pemilu, baik itu Bawaslu maupun kepolisian bisa memberikan perlindungan terhadap masalah tersebut.

"Jangan biarkan terjadinya benturan fisik di lapangan akibat perusakan APK ini, lantaran tiadanya perlindungan dari pengawas pemilu serta aparat keamanan dan penegak hukum," imbuhnya.

Meskipun begitu, tambah SBY, dirinya masih tetap bersyukur karena masih ada beberapa alat peraga kampanye yang terpampang jelas sepanjang jalan.

BACA JUGA:SBY Ingatkan Pemilu 2024 Bukan Tujuan Akhir Untuk Bangsa Indonesia

"Saya kembali bersyukur melihat billboard, baliho dan bendera partai yang dipasang di berbagai tempat yang umumnya tetap terjaga. Tidak terjadi perusakan atau penghilangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," tandasnya.

Sebagai informasi, SBY melakukan pidato politik dihadapan para kader Partai Demokrat. Selain itu, juga tampak hadir Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ditemani oleh sang istri, Annisa Pohan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: