Sosok Bupati Kendal Dinilai Pengamat Jadi Role Model Good Governance, Layak Maju Calon Gubernur Jateng

Sosok Bupati Kendal Dinilai Pengamat Jadi Role Model Good Governance, Layak Maju Calon Gubernur Jateng

Bupati Kabupaten Kendal Dico M Ganinduto (kiri), dinilai menjadi role model Good Governance untuk maju sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah-Dok. Instagram Dico M Ganinduto-

BACA JUGA:Polda Jateng Tangkap 3 Pelaku Penembakan Saat Insiden Sweeping Judi Sabung Ayam di Colomadu, Hampir Kabur ke Jakarta

Lebih lanjut, menurutnya terkait dengan program-program pemberdayaan masyarakat, misalnya menangani tingkat kemiskinan, stunting dan sebagainya juga berjalan karena ada suasana publik yang ikut mendukungnya. 

”Dalam arti bahwa selain pendanaan yang memadai, berkesinambungan juga publik sendiri dilibatkan. Jadi di situ ada semacam inklusi, jadi pelibatan publik yang kuat sehingga inklusinya memenuhi standar yang telah ditetapkan,” tambahnya. 

Trubus menyebut bahwa dari sisi birokrasinya juga cukup bersih, sehingga perilaku-perilaku koruptif pejabat di Kabupaten Kendal relatif minim. 

“Mungkin aparat pengawas internal pemerintah dalam hal ini inspektorat berjalan dengan optimal itu, artinya perilaku perilaku koruptif yang dilakukan birokrasi itu bisa ditangani dengan cukup baik, mungkin aspek transparansi yaa akuntabikitasnya sudah cukup bagus,” katanya. 

BACA JUGA:Temukan Dugaan Pelanggaran Pemilu di Jatim dan Jateng, TKN Prabowo-Gibran Minta KPU Bawaslu Segera Bertindak

Trubus membandingkan dengan wilayah lainnya yang biasanya di tingkat kabupaten selalu gagal melakukan pembangunan. 

“Itu menunjukkan bahwa Bupati Kendal mampu mengubah budaya birokrasi maupun budaya masyarakat membangun tata kelola pemerintahan baik,” ucapnya. 

Sehingga menurutnya, Bupati Kendal Dico Ganinduto bisa diangkat menjadi role model bagi daerah-daerah lain. Terlebih, kata dia, di Jawa Tengah itu memang secara keseluruhan kebanyakan tata kelola pemerintahanannya buruk. 

 ”Kalau daerah lain itu, kepala daerah sering kali selalu beralasan anggarannya itu minim, nah ini Bupati Kendal telah mampu istilahnya memodifikasi sedemikian rupa, kalau keterbatasan anggaran itu bukan merupakan kendala tetapi tantangan dan mencari solusi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: