Bagaimana Cara untuk Melepaskan Trauma di Masa Lalu?

Bagaimana Cara untuk Melepaskan Trauma di Masa Lalu?

Bagaimana Cara untuk Melepaskan Trauma di Masa Lalu?-pikisuperstar-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Trauma masa lalu dapat berdampak pada kesehatan Anda dalam jangka waktu lama setelah kejadian tersebut terjadi.

Trauma tidak hilang dengan sendirinya. Banyak dari kita yang diajarkan untuk 'move on' dari trauma menuju hal-hal yang lebih baik.

Namun, apa pun sumber traumanya, Anda tidak bisa melupakannya begitu saja. Sebaliknya, hal ini dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan psikologis dan fisik Anda.

Melepaskan dampak trauma seringkali memerlukan pendekatan holistik.

BACA JUGA:10 Tips Menghilangkan Rasa Trauma Setelah Mengalami Kecelakaan

Hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun terkadang ini menjadi langkah penting yang harus diambil demi kesejahteraan Anda.

Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian dan dapat menemukan sumber daya dan dukungan profesional untuk membantu Anda dalam perjalanan ini.

Bagaimana trauma masa lalu masih berdampak pada masa kini?

Dilansir dari laman Sportskeeda, trauma adalah respons kita terhadap peristiwa yang mengancam secara emosional dan tidak terduga.

BACA JUGA:Park Bo Young dan Ju Ji Hoon Berdamai dengan Trauma Masa Lalu dalam Drama Light Shop

Respons ini dapat kita kembangkan setelah berbagai jenis kejadian, seperti kekerasan atau penelantaran pada masa kanak-kanak, menyaksikan kekerasan dalam rumah tangga, mengalami perang, bencana alam, dan masih banyak lagi. Banyak yang sekarang menyadari bahwa orang sering kali merasa malu saat berbagi pengalaman trauma mereka.

Banyak juga yang percaya bahwa apa yang mereka alami bukanlah trauma dan akhirnya meremehkan pengalaman mereka.

Tidak semua orang mengalami trauma setelah menyaksikan peristiwa yang mengancam. Namun, jika Anda memang mengalami tanda-tanda trauma yang tertekan, seperti mimpi buruk, ingatan kabur, disregulasi emosi, dan lain-lain, penting untuk mengakuinya.

Ingatlah bahwa Anda mungkin memiliki atau tidak memiliki ingatan pasti tentang peristiwa tersebut, namun sering kali tubuh Anda mengingatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: