10 Tips Menghilangkan Rasa Trauma Setelah Mengalami Kecelakaan

10 Tips Menghilangkan Rasa Trauma Setelah Mengalami Kecelakaan

Simak Cara Menghilangkan Rasa Trauma Setelah Mengalami Kecelakaan-KamranAydinov-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Trauma kecelakaan adalah kondisi emosional yang sering terjadi setelah seseorang mengalami atau menyaksikan suatu kecelakaan yang traumatis.

Kejadian seperti ini dapat meninggalkan dampak psikologis yang signifikan pada korban, termasuk perasaan kengerian, kesedihan, kecemasan, dan bahkan depresi.

Maka dari itu, penting bagi mereka yang mengalami trauma kecelakaan untuk mencari cara mengatasi rasa trauma dan memulihkan kesehatan mental mereka.

BACA JUGA:Siapa Saja yang Bisa Dapat Vaksin Covid-19 Gratis? Ini Syaratnya

Dilansir dari laman choosingtherapy, berikut 10 cara mengatasi trauma pasca mengalami kecelakaan

1. Bersabarlah Dengan Diri Sendiri

Kembangkan kesabaran terhadap diri sendiri setelah mengalami kecelakaan, terutama jika Anda menunjukkan gejala PTSD (post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pascatrauma.

PTSD terkadang dapat menimbulkan rasa malu karena tidak memiliki kapasitas emosional yang sama seperti sebelum kejadian.

Tetap sabar membantu mengarahkan kembali energi menuju pemulihan.

BACA JUGA:Manchester United Dapat Angin Segar, Lisandro Martinez Sudah Kembali Berlatih

2. Carilah Dukungan Sosial Dari Orang Tersayang

Sistem pendukung sangat penting dalam proses pemulihan PTSD. Dukungan sosial yang berkelanjutan dari orang-orang terkasih dapat membantu Anda merasakan validasi emosional. Jaringan ini juga dapat bertindak sebagai sarana menyuarakan pemikiran Anda dan menawarkan perspektif berbeda ketika berjuang melawan rasa sakit emosional.

3. Latih Teknik Perhatian

PTSD seringkali mendorong individu untuk hidup di masa lalu dengan trauma yang dimilikinya. Perhatian penuh atau meditasi untuk PTSD membantu Anda memusatkan perhatian pada momen saat ini, menarik perhatian Anda ke saat ini dan saat ini. Dengan tetap berada di masa kini, Anda bisa merasakan kehidupan sepenuhnya dan belajar meninggalkan trauma masa lalu pada tempatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: