Tertarik Ikut Program Kampus Mengajar? Ini Cerita Mahasiswa Ngajar 1 Semester di Sekolah

Tertarik Ikut Program Kampus Mengajar? Ini Cerita Mahasiswa Ngajar 1 Semester di Sekolah

Kampus Mengajar-Cerita mahasiswa saat mengajar di sekolah -Kemendikbudristek

Selain itu mahasiswa berkesempatan memiliki pengalaman dalam mengeksplorasi program yang beragam sesuai dengan kebutuhan sekolah dan berkontribusi secara langsung sebagai agen perubahan dalam pendidikan Indonesia.

Selama menjalani program ini, mahasiswa juga dapat mengasah jiwa kepemimpinan, pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, berpikir analitis, kreativitas, dan inovasi langsung dari lapangan, serta menambah jejaring pertemanan dengan sesama mahasiswa di sekolah penempatan.

Sejak hadirnya program Kampus Mengajar dari angkatan 1 sampai angkatan 6, sudah lebih dari 112.000 mahasiswa yang telah bergabung dan tersebar di 25.000 satuan pendidikan jenjang SD, SMP, dan SMA.

Pada Kampus Mengajar angkatan ke-7, ada lebih dari 32.000 mahasiswa yang ditugaskan ke 7.000 lebih sekolah sasaran. Angka partisipasi yang masif ini merupakan capaian yang sangat baik dan memberikan gambaran mengenai dampak luas yang sudah diberikan oleh Kampus Mengajar. 

Kampus Mengajar merupakan program pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajar di luar kampus selama satu semester. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. 

BACA JUGA:CCEP Indonesia jadikan Kota Bogor Pilot Project Waste Management, Libatkan Akademisi MSIB Kampus Merdeka

Kampus Mengajar merupakan salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bertujuan membentuk mahasiswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga siap menghadapi segala tantangan dan inovasi yang terjadi.

Program Kampus Mengajar memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar dan menengah dengan menjadi mitra guru dalam berkolaborasi menyediakan variasi metode pembelajaran literasi dan numerasi melalui beragam program kerja yang dibuat oleh mahasiswa.

Selain itu, Program Kampus Mengajar juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran di tingkat pendidikan dasar dan menengah dengan bimbingan dari dosen dan perguruan tinggi, sehingga penerima manfaat dari program ini tidak hanya mahasiswa, perguruan tinggi, tetapi juga guru, tenaga pendidik, dan sekolah. 

Informasi terkait Program Kampus Mengajar tersedia di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar .

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: