Program PMM di Kelas Lebih Seru, Dosen Harus Inovatif Berikan Modul dan Mata Kuliah

Program PMM di Kelas Lebih Seru, Dosen Harus Inovatif Berikan Modul dan Mata Kuliah

Pertukaran Mahasiswa Merdeka-PMM lebih asyik, dosen harus lebih inovatif-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID — Mahasiswa mulai mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di perguruan tinggi penerima.

Karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) mata kuliah perguruan tinggi penerima program PMM angkatan 4. 

Penyelenggaraan bimtek digelar dengan tujuan membahas rekomendasi perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran dalam pelaksanaan program.

BACA JUGA:Manfaat PMM dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Ada 4 Fitur Menarik

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring selama dua hari mulai 21 s.d. 22 Februari 2024 di kanal Youtube Pertukaran Mahasiswa Merdeka. 

Pada seri pertama, bimtek ini membahas tentang “Desain Mata Kuliah, Metode Pembelajaran, dan Strategi Penilaian”.

Sementara itu, pada seri kedua membahas tentang “Inovasi Modul Digital dan Teknologi Untuk Meningkatkan Engagement”.

Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar, Asri Ardila Putri, mengatakan bahwa selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan program PMM untuk keempat kalinya. 

“Kami berharap materi yang diberikan bermanfaat dosen. Dalam bimtek mata kuliah ini kita akan berbagi pengetahuan, pengalaman, serta praktik baik dalam mengajar dan mengelola mata kuliah. Kolaborasi dan diskusi yang berlangsung di dalam forum ini akan menjadi input yang berharga dalam mendukung peran kita sebagai pendidik,” ujar Asri.

Lebih lanjut Asri juga mengajak kepada para peserta bimtek yang merupakan kepala program studi, dosen, dan koordinator perguruan tinggi penerima untuk menjadikan bimtek mata kuliah ini sebagai momentum untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman.

Pelaksanaan bimtek ini juga didukung dengan sejumlah narasumber hebat di masing-masing bidang.

“Dunia pendidikan akan terus berkembang dan kita sebagai pendidik harus terus bergerak untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi generasi muda. Mari kita sambut dengan semangat dan tekad kuat karena melalui kerja sama yang baik ini akan meraih hasil yang baik pula,” ucap Asri.

BACA JUGA:2,6 Juta Guru Manfaatkan Pengelolaan Kinerja PMM, Kurikulum Merdeka Berbasis Teknologi

Metode Belajar Mengajar PMM Harus Inovatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: