Viral Eskalator Stasiun Manggarai Tiba-tiba Berbalik Arah Saat Jam Sibuk, KCI Minta Maaf

Viral Eskalator Stasiun Manggarai Tiba-tiba Berbalik Arah Saat Jam Sibuk, KCI Minta Maaf

Sejumlah penumpang KRL di Stasiun Manggarai terjatuh saat menaiki eskalator yang tiba-tiba berbalik arah, Rabu 21 Februari 2024-TikTok @josafatimanuel_-

JAKARTA, DISWAY.ID - Viral insiden penumpang berhamburan jatuh di eskalator peron Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, pada Rabu 21 Februari 2024 jadi sorotan netizen.

Insiden yang terjadi saat jam pulang kantor itu membuat ratusan orang yang menaiki eskalator itu terjatuh.

BACA JUGA:Lagi, Mobil Tertemper Kereta di Perlintasan Tanpa Palang Daru-Tenjo, Jadwal KRL Tanah Abang-Rangkasbitung Sempat Terganggu

BACA JUGA:Go Transit Gangguan, Warga Komuter Pesan Tiket KRL Commuter Line Pakai Aplikasi KAI Access

Eskalator itu diketahui menghubungkan peron 11/12 jalur Bogor. Namun, esklator yang semula mati itu tiba-tiba menyala dan berubah arah dan bergerak ke bawah hingga membuat banyak penumpang KRL (Kereta Rel Listrik) panik berjatuhan.

Kehebihan penumpang saat naik eskalator Stasiun Manggarai membuat petugas keamanan yang berjaga tak mampu mengendalikan alur antrean massa yang terlanjur menggunakan fasilitas tersebut.

Salah satu penumpang KRL yang berada di lokasi mengunggah rekaman video kejadian itu di akun platform TikTok miliknya @josafatimanuel_ dan menjadi viral.

@josafatimanuel_ Kronologi : 21 Februari 2024, Jam 18.00 WIB. 2 Eskalator untuk naik ke peron 11/12 arah BOGOR awalnya bergerak naik. Tiba” eskalator sebelah kiri mengarah TURUN sehingga berlawanan arah dengan penumpang yang awalnya sedang berjalan naik. Banyak penumpang yang teriak sampai ada yg terjatuh (lihat video) Kenapa ya permasalahan eskalator stasiun ini ga slesai”? Sering juga eskalator mati yg bikin penumpang harus jalan kaki. Beban eskalator keberatan? Emang ga diperhitungkan sebelum ngebangun gedung manggarai yg baru ini? Saya pengguna KRL dan kejadian seperti ini tentu sangat membahayakan. Ada resiko terjepit eskalatorloh! Saat hujan juga sering BOCOR sampe harus ditampung pake ember! Padahal bangunan baru, gedung baru. Siapa ya yg bertanggung jawab? Katanya “keselamatan anda adalah prioritas kami” Hadehh bangunan elit, eskalator sulit #manggaraiberbahaya ♬ original sound - Josafat imanuel

Video yang diunggah akun @josafatimanuel_ di TikTok bahkan sudah ditonton lebih dari 3,6 juta kali. 

Dalam video tersebut, terdengar beberapa penumpang berteriak panik saat eskalator berubah arah menjadi turun. Tampak ada penumpang yang jatuh, ada pula yang berusaha tetap naik melawan arah sambil berlari.

Merespons hal ini, PT KAI Commuter Indonesia memohon maaf atas kendala layanan pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai pada Rabu, 21 Februari 2024 kemarin sore sekitar pukul 18.06 WIB.

BACA JUGA:Rel Terendam Banjir, Jadwal Perjalanan KRL Jakarta Kota-Tanjung Priok Dibatalkan Pagi Ini

BACA JUGA:Agak Lain, Gegara Kawat Kasur Dibuang Sembarangan Bikin KRL Stuck di Stasiun Pondok Ranji dan Ganggu Puluhan Jadwal Perjalanan

Kendala layanan yang disebabkan tidak normalnya operasional eskalator di Stasiun Manggarai, sehingga menyebabkan terganggunya flow pengguna yang akan menuju peron 11 dan 12.

"Kejadian bermula pada salah satu eskalator di hall lantai 1 yang mengarah ke peron 11-12 Stasiun Manggarai yang secara normal mengarah keatas menuju peron secara tiba-tiba bergerak berbalik arah ke arah bawah. Kejadian tersebut membuat beberapa pengguna yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron terjatuh," kata External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan dalam siaran pers yang diterima Disway.id, Kamis 22 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: