Cek Jurusan Kuliah Paling Diminati di UGM, Acuan SNBP dan SNBT 2024

Cek Jurusan Kuliah Paling Diminati di UGM, Acuan SNBP dan SNBT 2024

UGM-Seleksi Mandiri untuk mahasiswa tidak mampu dan berprestasi segera dibuka-UGM

JAKARTA, DISWAY.ID - Jurusan paling diminati di Universitas Gadjah Mada (UGM) menarik untuk disimak sebagai acuan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024. 

Dilihat berdasarkan jumlah pendaftar pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, dikutip dari laman resmi UGM, program studi yang paling diminati sudah bisa diprediksi sebagai acuan tahun ini. 

BACA JUGA:Dekan UGM: Bansos Jadi Alat Mobilisasi Politik di Setiap Pemilu

Jurusan Paling Diminati di UGM

Jurusan Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Kedokteran Gigi, dan Kehutanan untuk bidang Saintek, serta Psikologi, Hukum, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi untuk bidang sosial humaniora.

Sedangkan berdasarkan perbandingan jumlah pendaftar dan peserta lolos seleksi, program studi paling kompetitif adalah Kedokteran, Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Gizi, dan Manajemen Informasi Kesehatan untuk bidang Saintek, serta Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Psikologi, Manajemen, dan Pariwisata untuk bidang sosial humaniora.

Pada tahun 2023, dari total calon mahasiswa yang diterima, 533 di antaranya merupakan peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, atau sekitar 18.9%. 

BACA JUGA:Ini Link Pendaftaran Akun KIP Kuliah, UTBK-SNBT Bisa Bebas Biaya Alias Rp0

Jalur SNBT

SNBT sendiri merupakan satu dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri. Jalur seleksi ini berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah melalui tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

Sebelum SNBT, jalur seleksi yang telah berlangsung lebih dulu adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), yang juga diselenggarakan secara terpusat oleh tim SNPMB.

Sedangkan jalur seleksi terakhir yang masih akan berlangsung adalah seleksi mandiri berupa Ujian Mandiri-Computer Based Test (UM-CBT).

BACA JUGA:Pendaftaran SNBP 2024 Masih Dibuka, Ini 3 Jalur Seleksi Masuk Unpad SNPMB

Jalur SNBP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: