1 Juta Anak Terancam Risiko Penyakit, Keluarga SIGAP Cegah Sejak Dini

1 Juta Anak Terancam Risiko Penyakit, Keluarga SIGAP Cegah Sejak Dini

Keluarga SIGAP-Cegah risiko penyakit pada anak sejak dini-Bianca Chairunisa

JAKARTA, DISWAY.ID - Salah satu kunci tumbuh kembang anak yang sehat dan cerdas adalah dimulai dari keluarga.

Dengan menggerakkan budaya dan perilaku hidup sehat, program Keluarga SIGAP (Keluarga Siaga Dukung Kesehatan, Siap Hadapi Masa Depan) mencegah risiko penyakit menular pada anak. 

Program ini bertujuan untuk melindungi lebih dari 1 juta anak terpapar risiko penyakit.

BACA JUGA:Raja Charles Kembali Bertugas Usai Divonis Kanker, Buka-Bukaan Kabar Terkini soal Penyakitnya

Caranya, dapat dicegah melalui sosialisasi perilaku positif yang berfokus pada imunisasi yang rutin, lengkap, dan sesuai jadwal, melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), dan pemberian makanan bergizi pada anak usia 0-24 bulan.

“Salah satu inisiatif dari Kementerian Kesehatan melalui program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) adalah untuk mempromosikan budaya hidup dan praktik hidup sehat, yang kemudian akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya anak-anak. Selain itu Kementerian Kesehatan juga terus berupaya meningkatkan gizi masyarakat, terutama pada anak balita agar kedepan menjadi generasi penerus yang lebih berkualitas,” kata Mahmud Fauzi, Ketua Tim Kerja Standar Kecukupan Gizi dan Mutu Pelayanan Gizi KIA.

Program Keluarga SIGAP ini merupakan hasil kolaborasi berkelanjutan antara Gavi, Unilever Indonesia, dan The Power of Nutrition.

Acara ini juga turut didukung oleh Kementerian Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Kesehatan Kab. Bogor, dan Dinas Kesehatan Kab. Banjar. Program ini merupakan replikasi dari keberhasilan program serupa di India (2017-2021) dengan nama “Safal Shuruaat” (Successful Beginning). 

BACA JUGA:Cegah Keparahan Diare dan Pneumonia pada Anak dengan Imunisasi PCV dan Rotavirus

Ancaman Risiko Penyakit Pneumonia dan Diare

Pada tahun 2021, lebih dari seperempat kematian pada anak-anak disebabkan oleh Pneumonia dan Diare, penyakit-penyakit ini sebenarnya dapat dicegah melalui perilaku hidup bersih dan sehat seperti menjaga kebersihan tangan, imunisasi lengkap yang tepat waktu, dan disertai dengan pola makan yang baik.

Program Keluarga SIGAP hadir untuk menurunkan resiko terjangkitnya anak-anak dari penyakit-penyakit tersebut.

“Unilever Indonesia sangat senang berkolaborasi dengan Gavi dan The Power of Nutrition untuk memberikan anak-anak di Indonesia langkah awal yang terbaik dalam hidup mereka.” Jelas Ratu Mirah Afifah, Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia.

BACA JUGA:Bayi Diare Jangan Buru-buru Panik Bun, Kenali Gejala dan Cara Penangannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: