Distribusi Bahan Pokok Dijamin Lancar Selama Ramadhan 2024, Ini Kata Menhub

Distribusi Bahan Pokok Dijamin Lancar Selama Ramadhan 2024, Ini Kata Menhub

Menhub Budi Karya Sumadi-Pastikan distribusi logistik dan bahan pokok lancar selama Ramadhan 2024-Kemenhub

JAKARTA, DISWAY.ID - Menjelang bulan Ramadhan 2024, sudah menjadi tradisi permintaan kebutuhan pokok akan meningkat.
 
Maka dari itu distribusi pangan dan logistik dijamin lancar pengirimannya. 
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan arus distribusi logistik selama bulan Ramadhan akan berjalan lancar. 
 
 
Hal ini disampaikan Menhub saat menghadiri Kegiatan Sosial Pasar Sembako Murah dalam Menyambut Ramadan 1445 Hijriah yang diselenggarakan kelompok Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) pada Sabtu, 2 Maret 2024. 
 
"Saya telah menginstruksikan jajaran Kemenhub untuk memastikan kelancaran distribusi logistik serta berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kementerin atau lembaga dan pemda agar bahan pokok, bahan penting dan barang lainnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan," ujar Budi Karya.
 
 
Dia juga mengapresiasi adanya langkah kelompok masyarakat yang turut andil dalam pendistribusian pangan bagi rakyat secara umum. 
 
Menurut Budi Karya, gerakan-gerakan kelompok masyarakat yang turut membantu distribusi pangan sangat bermanfaat. 
 
Apalagi, bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk saling berbagi. 
 
Budi Karya menambahkan dengan adanya pasar sembako murah ini, masyarakat dapat membeli bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih rendah daripada harga di pasaran. 
 
 
Hal ini dapat menjaga daya beli masyarakat menjelang bulan puasa sekaligus membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan ekonomi.
 
Jokowi Jamin Ketersediaan Pangan
 
Sementara itu, dikutip dari akun resmi Sekretariat Kabinet, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu memimpin sidang kabinet paripurna (SKP) yang membahas persiapan Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah, di Istana Negara, Jakarta.
 
Jokowi meminta seluruh jajaran untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan sekaligus mempercepat pembagian bantuan kepada masyarakat, guna mendukung aktivitas masyarakat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri.
 
“Saya minta seluruh kementerian/lembaga yang terkait supaya waspada dan memastikan masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusuk. Oleh sebab itu, saya minta utamanya menjaga persediaan pangan dan juga stabilitas harga pangan, terutama bahan pokok. Dan juga, percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jaminan sosial,” kata Jokowi.
 
 
Di samping itu, Kepala Negara juga memerintahkan kepada kementerian terkait untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan moda transportasi untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.
 
“Cek betul kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan mudik oleh masyarakat. Saya kira itu setiap tahun kita selalu persiapkan, karena ini adalah event tahunan,” ujarnya.
 
Dalam SKP juga dibahas mengenai Rencana Kerja Pemerintah (RKP), Kerangka Ekonomi Makro (KEM), dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) Tahun 2025.
 
Jokowi menekankan kepada jajarannya untuk menjaga keberlanjutan pembangunan dalam penyusunan RKP dan kebijakan fiskal tersebut.
 
“RKP Tahun 2025 dan Kebijakan Fiskal ini adalah jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan dan mengakomodasi program-program presiden terpilih hasil Pilpres (pemilihan presiden) 2024. Tapi, ini juga kita sambil menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU (Komisi Pemilihan Umum), maka RAPBN (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Tahun 2025 harus disiapkan dengan memperhatikan hasil pilpres karena yang menjalankan APBN 2025 adalah presiden terpilih,” tandasnya.
 
(Ayu Novita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: