Ratusan Bus hingga Kapal Laut Disediakan Kemenhub untuk Program Mudik Gratis Tahun Ini, Simak Cara Daftarnya

Ratusan Bus hingga Kapal Laut Disediakan Kemenhub untuk Program Mudik Gratis Tahun Ini, Simak Cara Daftarnya

Program Mudik Gratis Kemenhub 2024-Dok. Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka pendaftaran program mudik gratis untuk untuk edisi Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

Sejumlah moda transportasi baik darat, dan laut disediakan untuk mengangkut pemudik dalam mudik gratis tahun ini.

BACA JUGA:Mau Ikut Program Mudik Gratis Kemenhub Bawa Motor Naik Kereta Api? Catat Syarat Penting Ini Dulu

BACA JUGA:DJKA Umumkan Mudik Gratis dengan Kereta Api Sore Ini

Program mudik gratis dibuka untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Untuk itu, Kemenhub akan membuka pendaftaran mudik gratis itu mulai 5 Maret 2024 mendatang.

"Mudik gratis ini tujuannya untuk mengurangi penggunaan motor untuk melakukan mudik," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangannya, Minggu 3 Maret 2024.

Selain itu, Adita kembali mengimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor dalam jarak yang jauh. Hal itu karena potensi bahaya kecelakaan yang sangat tinggi karena faktor kelelahan atau kendaraan.

BACA JUGA:Siap-siap! Mudik Gratis BUMN Bakal Diadakan Lagi Tahun Ini, Simak Syaratnya

BACA JUGA:Prediksi Jumlah Pemudik Lebaran 2024, Kementerian Perhubungan Bocorkan Puncak Arus Mudik

Oleh karena itu, pihaknya mengajak agar masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini.

“Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini,” kata Adita.

Diketahui, program mudik gratis ini tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api yang digelar di beberapa titik simpul transportasi.

Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat pada 5 Maret-3 April 2024.

Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 14 dan 15 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: