Masih Bingung Atur Keuangan? Intip 5 Tips Finansial dengan Konsep Syariah

Masih Bingung Atur Keuangan? Intip 5 Tips Finansial dengan Konsep Syariah

Intip 5 tips finansial dengan konsep syariah berikut ini-Dok. Maybank-Dok. Maybank

JAKARTA, DISWAY.ID - Tak ada kata terlambat untuk mulai mengatur keuangan secara matang demi mencapai tujuan finansial di masa mendatang. 

Apalagi di tengah era modern saat ini, masyarakat dihadapkan pada berbagai solusi keuangan, termasuk produk dan layanan perbankan syariah yang menawarkan beragam manfaat.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sektor perbankan syariah nasional yang terus berkembang dengan total aset Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) meningkat dari 782,1 triliun pada Desember 2022 menjadi 868,98 triliun di bulan Desember 2023 kemarin.

Romy Buchari, Head Shariah Banking Maybank Indonesia mengatakan, “Dengan mengusung nilai- nilai utama yang bersifat universal, seperti transparansi, keadilan, dan kebersamaan, tak heran jika produk dan layanan perbankan syariah dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Jangan sepelekan dan tunda pengelolaan finansial keluarga lebih lama lagi, sebab semakin cepat, semakin baik. Mulailah sekarang untuk kontrol penuh keuangan Anda dengan memanfaatkan solusi keuangan berbasis syariah untuk meraih berbagai manfaat maksimal sekaligus membawa ketenangan dalam keluarga.”

Kini, bagi yang ingin mengatur keuangan namun bingung memulainya, simak dulu lima tips berikut ini karena cerdas kelola secara syariah untuk keluarga penuh berkah!

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Maybank Islamic dan UUS Maybank Indonesia Gelar Program Regional Ramadhan Relief

BACA JUGA:Kolaborasi Maybank dan Pegadaian, Luncurkan Tabungan Emas Mulai dari Rp10 Ribu!

1. Memastikan Daftar Pendapatan dan Pengeluaran 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penerapan pola hidup hemat dan sederhana. 

Untuk melakukannya, hitunglah jumlah dari seluruh pendapatan dalam satu bulan, baik dalam bentuk gaji, keuntungan berinvestasi, berbisnis maupun pekerjaan sampingan. 

Setelahnya, susun juga pengeluaran menurut skala prioritas yang dibutuhkan oleh setiap keluarga, baik jangka pendek maupun panjang, termasuk dana pendidikan anak dan dana pensiun di hari tua. 

Jagalah keseimbangan antara kebutuhan dan keinginan, sehingga dapat mengontrol pembelanjaan setiap bulan dan memastikan pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan.

2. Menghindari Diri dan Keluarga dari Jeratan Utang konsumtif

Yang tak kalah penting saat mengelola keuangan adalah mencegah terjadinya utang dalam kehidupan sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: