RESMI! Ada Format Baru UCL Mulai Musim 2024/25, Cek Penjelasannya di Sini

RESMI! Ada Format Baru UCL Mulai Musim 2024/25, Cek Penjelasannya di Sini

Format Baru UEFA Liga Champions Mulai Musim Depan 2024/25, Cek Penjelasannya di Sini---UEFA.com

Basis daftar akses akan tetap sama seperti musim saat ini, dan empat slot tambahan yang tersedia pada 25/2024 akan dialokasikan sebagai berikut:

- Slot satu: Tempat ini akan diberikan kepada klub yang menduduki peringkat ketiga dalam kejuaraan asosiasi di posisi kelima dalam daftar akses, yang ditentukan oleh peringkat koefisien klub asosiasi UEFA.

- Slot dua: Tempat ini akan diberikan kepada juara domestik dengan menambah jumlah klub yang lolos dari empat menjadi lima melalui jalur Champions dalam proses kualifikasi kompetisi, yang akan terdiri dari empat babak kualifikasi.

- Slot tiga dan empat: Tempat-tempat ini akan diberikan kepada asosiasi dengan kinerja kolektif terbaik dari klub mereka di musim sebelumnya (yaitu koefisien klub asosiasi musim sebelumnya, yang didasarkan pada jumlah total poin koefisien klub yang diperoleh masing-masing klub dari suatu asosiasi dibagi dengan jumlah klub peserta dari asosiasi tersebut). Kedua asosiasi tersebut masing-masing akan mendapatkan satu tempat otomatis di fase liga (“Tempat Kinerja Eropa”) untuk klub yang menduduki peringkat terbaik berikutnya di liga domestiknya di belakang klub-klub yang telah lolos langsung ke fase liga.

BACA JUGA:Pep Guardiola Sebut Phil Foden Sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris, Bikin Manchester United Malu

Bagaimana tim akan mencapai fase sistem gugur Liga Champions dan akankah format fase sistem gugur berubah?

Hasil setiap pertandingan akan menentukan peringkat keseluruhan di liga baru, dengan tiga poin untuk kemenangan dan satu poin untuk hasil imbang masih berlaku.

Delapan tim teratas di liga akan lolos otomatis ke babak 16 besar, sementara tim yang finis di peringkat 9 hingga 24 akan bersaing dalam play-off fase knock-out dua leg untuk mengamankan jalan mereka ke babak 16 besar kompetisi.

Tim yang finis di peringkat 25 atau lebih rendah akan tersingkir, tanpa akses ke Liga Eropa UEFA.

Format baru ini, dengan semua tim diperingkat bersama dalam satu liga, berarti masih ada lebih banyak pertandingan yang harus dimainkan hingga malam terakhir fase liga.

Pada fase sistem gugur, tim-tim yang menempati posisi antara peringkat 9 dan 16 akan diunggulkan dalam pengundian play-off fase sistem gugur, yang berarti mereka akan menghadapi tim yang berada di peringkat 17 hingga 24.

Pada prinsipnya, leg kedua akan digelar di kandang sendiri. Delapan klub yang berhasil lolos ke babak play-off fase knockout kemudian akan melaju ke babak 16 besar, di mana mereka masing-masing akan menghadapi salah satu dari delapan tim yang finis di posisi teratas, yang akan diunggulkan di babak 16 besar.

Untuk memperkuat sinergi antara liga dan fase knockout, serta memberikan lebih banyak insentif olahraga selama fase liga, pasangan fase knockout juga akan sebagian ditentukan oleh peringkat fase liga, dengan hasil seri yang juga menentukan dan menjabarkan jalannya. bagi tim untuk mencapai final.

Dari babak 16 besar dan seterusnya, kompetisi akan terus mengikuti format babak sistem gugur yang ada hingga babak final di tempat netral yang dipilih oleh UEFA.

Semua pertandingan sebelum final akan terus dimainkan pada pertengahan pekan, mengingat pentingnya kalender pertandingan domestik di seluruh Eropa, sedangkan final akan terus dimainkan pada hari Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: