Indonesia Dukung Penuh Keketuaan Peru di APEC 2024, Perkuat Sistem Perdagangan Multilateral

Indonesia Dukung Penuh Keketuaan Peru di APEC 2024, Perkuat Sistem Perdagangan Multilateral

Asia - Pacific Economic Cooperation (APEC) 2024-Indonesia dukung keketuaan Peru-Kemendag

JAKARTA, DISWAY.ID - Indonesia memberikan dukungan penuh atas prioritas Keketuaan Peru di dalam Forum Asia - Pacific Economic Cooperation (APEC) 2024. 

Tujuan utamanya menitikberatkan pada pentingnya perdagangan. 

Indonesia bertekad untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Hal ini sejalan dengan dengan tema “Empower, Include, Grow" APEC Peru tahun ini yang menekankan pentingnya aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan yang inklusif dalam pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:Indonesia Terlibat dalam Pameran Industri Hannover Messe 2024, Serahkan Tongkat Estafet ke Norwegia

Hal tersebut dikemukakan secara perdana pada pertemuan Komite Perdagangan dan Investasi (Committee on Trade & Investment/CTI) APEC yang berlangsung di Lima Convention Center (LCC), Lima, Peru, pada 4—5 Maret 2024.

Dalam pertemuan ini, Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Perundingan Antar Kawasan dan Organisasi Internasional Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Reza Pahlevi Chairul memusatkan perhatian mereka pada isu-isu prioritas di bidang inovasi dan digitalisasi untuk memfasilitasi transisi usaha informal ke formal.

BACA JUGA:Rusia Konfirmasi Putin Tak Hadir KTT G20 Bali dan APEC Thailand

Keketuaan Peru diantaranya membahas hasil Konferensi Tingkat Menteri ke-13 Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Abu Dhabi, Persatuan Uni Emirat Arab (PEA) yang menghasilkan Deklarasi Menteri Abu Dhabi. Reza menyampaikan, APEC memilki peran penting dalam mendukung sistem perdagangan multilateral secara keseluruhan dengan WTO sebagai intinya.

“APEC juga memiliki potensi untuk meningkatkan kapasitas anggotanya dalam meningkatkan pengetahuan dan bertukar praktik terbaik untuk lebih memahami isu-isu terbaru dan memfasilitasi implementasi perjanjian WTO,” jelas Reza.

Keketuaan Peru juga membahas upaya perwujudan Free Trade Area of the Asia-Pacific (FTAAP), sebuah cita-cita jangka panjang yang dipegang oleh 21 anggota ekonomi APEC.

FTAAP bertujuan untuk mewujudkan kawasan perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik, salah satunya dengan meningkatkan integrasi ekonomi regional di Kawasan Asia Pasifik.

“Dalam beberapa tahun terakhir, APEC telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam mendorong agenda FTAAP melalui serangkaian program peningkatan kapasitas, identifikasi isu perdagangan dan investasi yang terus berkembang, serta pembentukan mekanisme berbagi informasi yang bermanfaat bagi semua Ekonomi anggota,” ucap Reza.

BACA JUGA:Jokowi Singgung Kondisi Rakyat Gaza di KTT APEC, 'Jangankan Hak Membangun, Hak Hidup Saja Tidak Dihormati'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: