Kronologi Pesawat Smart Aviation PK SNE Hilang Kontak di Binuang, 'Warga Sempat Dengar Dentuman Keras'

Kronologi Pesawat Smart Aviation PK SNE Hilang Kontak di Binuang, 'Warga Sempat Dengar Dentuman Keras'

Ilustrasi pesawat tipe Pilatus PC-6 Turbo Porter -X/@AviationWeek-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Terjadi kecelakaan pesawat milik Smart Aviation PK SNE yang hilang kontak  di Wilayah Binuang, Kalimantan Utara pada Jumat 8 Maret 2024.

Diketahui hingga pukul 15.00 WIB, pesawat yang membawa Pilot Captain M. Yusuf dan Engineer on Board (EOB) bernama Deni S serta kargo seberat 583 Kg ini juga belum bisa dikonfirmasi oleh pihak Airnav Bandara Juwatan, Tarakan.

BACA JUGA:Pesawat Kargo Smart Air Tujuan Binuang Hilang Kontak Usai Lepas Landas dari Tarakan

“PD TW 0308 11.55 H Kansar Tarakan melalui Comm Centre menerima info dari ATC Bandara Juwata tarakan bahwa telah terjadi Pesawat Lost Contact di Wilayah Binuang,” tulis pesan yang tersebar di media sosial Whatapp Group pada Jumat 8 Maret 2024.

“Posisi Lost Contact pesawat berada di titik koordinat . Adapun Jenis Pesawat Tersebut ialah Pilatus PC 6 dengan Nama PK SNE milik Maskapai Smart Aviation dengan rute Tarakan - Binuang - Robert Atty Bessing Malinau Kaltara,” tambah keterangan tersebut.

BACA JUGA:Kronologis Penangkapan TPNPB OPM Tersangka Penembak Pesawat Wings Air, 2 Tertangkap dan 1 Tewas

Menurut informasi yang didapat, pesawat tipe Pilatus PC-6 Turbo Porter itu terbang dari Bandara Juwata Tarakan (TRK) sekitar pukul 08.25 Wita dan seharusnya tiba di Bandara Binuang (BNG) di Krayan Tengah, satu jam kemudian.


Ilustrasi Pesawat milik Smart Aviation PK SNE yang hilang kontak di daerah Binuang, Kalimantan Utara-dok Jetphotos-

Kesaksian Warga

Sementara itu, menurut kesaksian warga yang mendengar kabar kecelakaan pesawat milik Smart Aviation PK SNE ini sempat terdengar suara dentuman di daerah tebing kawasan Krayan Tengah.

BACA JUGA:Maskapai Berlomba Tebar Tiket Promo Pesawat, Ini Kata Kemenhub

Hal tersebut diungkapkan oleh Inspektur Polisi Dua Andi Irwan, Kepala Polsek Krayan Selatan bahwa suara dentuman tersebut diperkirakan di daerah tebing di Gunung Narit, Desa Baliku, Kecamatan Krayan Tengah.

“Pekerja perusahaan di Krayan Tengah mendengar suara dentuman itu,” kata Andi Irwan, dikonfirmasi wartawan, Jumat 8 Maret 2024.

Andi mengungkapkan, pihaknya pun langsung menuju lokasi suara dentuman yang memang tidak begitu jauh dari kantor Polsek Krayan Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: