Menko Airlangga Hartarto Beberkan Data Harga Bahan Pangan Jelang Ramadhan

Menko Airlangga Hartarto Beberkan Data Harga Bahan Pangan Jelang Ramadhan

Menko Airlangga Hartarto Beberkan Data Harga Bahan Pangan Jelang Ramadhan-disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID - Harga bahan pangan menjelang bulan Ramadhan yang harganya masih naik turun menimbulkan kerresahan di kalangan masyarakat Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto,  membeberkan data harga bahan pangan jelang bulan Ramadhan, salah satunya beras mengalami penurunan.

Menurut Airlangga Hartarto, bahan pangan superti beras berdasarkan data Badan Pangan Nasional (Bapanas)memgalami penurunan  tipis 0,07 persen dari pekan lalu (week to week) dari harga Rp 14.310 per kilo gram.

BACA JUGA:Kemeperin Targetkan Nilai Komitmen Produk Dalam Negeri dalam Business Matching 2024 Lampaui 1.428 Juta Triliun

BACA JUGA:Harga Beras Premium Mulai Turun Jelang Ramadhan, Stok Belum Merata

Penurunan yang sama juga terjadi pada harga beras premium yang rata-rata harga beras sebesar Rp 16.420 per kg, turun 0,42 persen dari pekan lalu.

" Harga pangan yang kami monitor Rp 14.310 (per kg), itu ada turun sedikit, kemudian beras premium di Rp 16.420 (per kg)," kata  Airlangga Hartarto  dalam Media Briefing, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 8 Feberuari 2024.

 Airlangga Hartarto menambahkan, pihaknya telah mengusahakan upaya stabilisasi pasokan harga pangan. 

“ Salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan perum BULOG untuk menjaga stabilitasasi harga bahan pangan,” kata Airlangga Hartarto.

BACA JUGA:Erick Thohir Cek Langsung Tol Pacin, Padang-Bukittinggi Kini Cukup 1 Jam

BACA JUGA: Ketersediaan Stok Beras dan Sembako Mulai Normal, Harga Telur Meroket

Selain beras yang mengalami penurunan, beberapa komoditas pangan lain seperti daging sapi turun 0,12 persen menjadi Rp 135.670, gula konsumsi turun 0,28 persen menjadi Rp 17.740, dan minyak goreng curah turun 0,32 peren menjadi Rp 15.540. 

Airlangga juga menjabarkan beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga adalah telor.

“ Telur ayam ras Rp31.490 per Kg atau naik 0,45 persen, cabai rawit merah naik 1,79 persen menjadi Rp63.160, dan cabai merah keriting Rp63.850 per Kg.” ujar Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: