Masjid Istiqlal Sediakan Parkir Motor untuk Ribuan Jamaah yang Akan Laksanakan Salat Tarawih Ramadhan 202

Masjid Istiqlal Sediakan Parkir Motor untuk Ribuan Jamaah yang Akan Laksanakan Salat Tarawih Ramadhan 202

Masjid Istiqlal sediakan parkir motor untuk ribuan jamaah yang akan laksanakan salat tarawih Ramadhan 2024.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.IDSeluruh umat Islam di seluruh dunia sebentar lagi akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Terlebih, di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini akan menyambut bulan Ramadhan dengan antusias.

Selain itu, sebelum memasuki bulan suci Ramadhan banyak masjid di Indonesia yang menyiapkan persiapan khusus untuk menyambut kaum muslimin untuk berbuka puasa bersama dan melaksanakan salat tarawih bersama selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah ini.

BACA JUGA:Francesco Bagnaia dan Marc Marquez Incar Posisi Jorge Martin di Race Day MotoGP 2024 Qatar

BACA JUGA:Perjuangan Istri Dirut Taspen Membuahkan Hasil, Laporkan Perselingkuhan Hingga Dugaan Korupsi Ratusan Miliar Rupiah

Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Indonesia ini akan menyediakan tempat untuk ribuan jamaah yang akan melaksanakan salat tarawih selama Bulan Suci Ramadhan 2024.

Tidak hanya itu, Masjid Istiqlal sediakan parkir motor untuk ribuan jamaah yang akan laksanakan salat tarawih Ramadhan 2024.

Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), Ismail Chawidu mengatakan Masjid Istiqlal ini memiliki luas kurang lebih 10 ribu hektar.

Ismail menjelaskan bahwa Masjid Istiqlal mampu menampung 200 sampai 250 Ribu jamaah.

BACA JUGA:Masjid Istiqlal Siapkan Ribuan Box Takjil untuk Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan 2024

BACA JUGA:Inter Milan Nyaman di Puncak Klasemen Liga Italia, Gol Yann Bisseck Bawa Nerazzurri Bekuk Bologna 1-0

"Masjid Istiqlal bisa menampung 200-250 ribu jamaah kalau semua terisi dari atas sampe bawah," kata Ismail kepada Disway.Id di lokasi pada Minggu, 10 Maret 2024.

Guna melancarkan jalannya ibadah, Ismail mengatakan pengurus Masjid Istiqlal juga telah bekerja sama dengan pihak kepolisian hingga Pemadam Kebakaran.

"Kami juga sudah melakukan rapat apel kesiapan ramadhan yang diikuti oleh seluruh unit kerja yang terkait dengan masalah penyelenggaraan Ramadhan. Unit kerja itu dari Kepolisian, Koramil, Satpol PP, Dinsos, dari pemadam kebakaran, perusahaan yang bertanggung jawab pembersihan," ungkapnya.

BACA JUGA:Menhub Cek Angkutan dan Infrastruktur Lebaran 2024, Imbau Pemudik Berangkat Lebih Awal

BACA JUGA:Update Harga Tiket Bus PO Garuda Mas VIP Rute Jakarta-Ponorogo, Under Rp300 Ribu!

"Pak camat juga kita undang (rapat). Karena kita ingin menjamin jalanan yang diseputar (Masjid Istiqlal) ini harus lancar. Karena kalau hari biasa itu kan jamaahnya hanya 4-5 ribu terus akhir pekan bisa sampai 10 ribu kalau bulan ramadhan bisa berlipat sampai 3 kali yang kesitu," lanjutnya.

Bahkan, kata dia, pengurus Masjid Istiqlal juga telah bekerja sama dengan pihak Gereja Katedral untuk memberikan lahan parkir jamaah.

"Sementara tempat parkir kita hanya 1000 kendaraan sehingga kita telah bekerja sama dg pihak katedral misalnya dia memberikan lahan utk parkir jamaah disini. Sebaliknya sebagai acara natalan kita berikan parkir kita disini. Jadi itu bentuk program dalam rangka membangun kerukunan umat," imbuhnya.

BACA JUGA:Puan Singgung Pentingnya Kontribusi Perempuan dalam Demokrasi Negara di KTT Women Speakers Summit Prancis

BACA JUGA:Syarat Wajib Mudik Gratis Bareng Honda, Harus Punya Motor Honda?

Lebih lanjut, Ismail mengimbau kepada masyarakat yang ingin melaksanakan solat tarawih di Masjid Istiqlal agar datang lebih cepat supaya mendapatkan tempat yang aman dan nyaman.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang ingin melaksanakan solat tarawih di masjid istiqlal supaya datang lebih awal supaya bisa mendapatkan tempat yg nyaman, parkir yang nyaman kemudian bisa berbuka bersama disini," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membawa barang berharga.

"Masyarakat dihimbau untuk tidak membawa barang-barang berharga karena dikhawatirkan terjadinya kerumunan orang bisa terjadi kehilangan jadi supaya nyaman beribadah. Kami menyiapkan pelayanan keamanan 24 jam disini namun demikian kalau ke Masjid Istiqlal datang lah untuk beribadah saja," harapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: