Jadwal Buka Puasa Hari Ini di Jakarta dan Sekitarnya, Rabu 13 Maret 2024

Jadwal Buka Puasa Hari Ini di Jakarta dan Sekitarnya, Rabu 13 Maret 2024

Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Jalan Daan Mogot KM 14,5 No.14, Cengkareng, Jakarta Barat.-Candra Aditya/Carep-

Isya: 19:18 WIB

BACA JUGA:Ramadhan di Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta Barat

Berbuka puasa bisa menggunakan air putih atau makanan yang disunahkan Rasulullah.

Ada dua makanan yang disunahkan saat buka puasa yaitu kurma dan air putih.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW, “Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

Berdasarkan hadits ini, dianjurkan mengonsumsi kurma pada saat buka puasa. Bila kurma tidak ada, minumlah air putih terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan yang lain.

Namun sebagian masyarakat Indonesia memiliki menu tersendiri ketika buka puasa, seperti kolak, kolang-kaling dan jajanan manis lainnya.

BACA JUGA:Aturan Pembatasan Angkutan Barang Selama Libur Lebaran 2024 Terbit

Adapun buka puasa disunahkan terlebih dahulu membaca doa. Di antara doa yang dianjurkan ialah:

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ

(Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa bika 'alaika tawakkalatu, dzahabadzh dzhama-u wabtalatil-'uruqu wa tsabatal-ajru insyaa-Allah. Ya wasi'al-fadhli ighfirli alhamdulillahilladzi hadani fashumtu, wa razaqani fa-afthartu) 

"Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah dan Insyaallah pahala sudah tetap. Wahai Dzat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya".

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: