Tips Mudah Usir Ngantuk Saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan

Tips Mudah Usir Ngantuk Saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan

Tips Mudah Usir Ngantuk Saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan-WMS-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ada sejumlah risiko bagi pengendara sepeda motor. Salah satunya adalah rasa kantuk. Namun, ada pula sejumlah tips #Cari_Aman untuk mengusir kantuk saat mengendarai motor, khususnya di bulan Ramadan seperti saat ini.

Bagi sebagian orang, bulan Ramadan mengubah beberapa kebiasan hidupnya. Pola tidur, misalnya, berubah karena harus makan sahur. 

BACA JUGA:Pemerhati Masalah Transportasi: Konsentrasi Hilang Saat Berkendara Berpotensi Kecelakaan Lalu Lintas

Orang yang belum terbiasa bangun lebih awal bisa jadi akan mengantuk untuk memulai aktivitas sehari-harinya. 

Jika orang tersebut mengendarai kendaraan dalam beraktivitas, maka bisa membahayakan diri dan orang-orang di sekitarnya.

Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani membagikan sejumlah tips guna menghilangkan rasa kantuk saat berkendara motor di bulan Ramadan.

BACA JUGA:ALVA One XP, Bikin Berkendara Makin Gaya dan Bebas Emisi

1. Istirahat yang cukup

Mungkin, jam tidur dan bangun bergeser karena harus makan sahur. Namun, tetap pastikan tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan. 

“Tidur minimal 7–8 jam per hari dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari rasa kantuk,” ujar Agus Sani. 

2. Pemanasan tubuh

Gerakan-gerakan ringan atau pemanasan tubuh ( stretching ) sebelum berkendara dapat meminimalisir risiko kecelakaan di jalan.

BACA JUGA:Konsumen Honda EM1 e: Bakal Dapat Pelatihan Berkendara Motor Listrik yang Aman dari AHM

“Gerakan-gerakan ringan, seperti merenggangkan tangan, dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah menuju ke otak sehingga kita bisa lebih konsentrasi. Aliran darah pun makin lancar sehingga reflek saat berkendara lebih baik,” jelas Agus Sani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: