Haiti Rusuh Diserang Geng, Ternyata Senjatanya Berasal dari AS!

Haiti Rusuh Diserang Geng, Ternyata Senjatanya Berasal dari AS!

Kerusuhan geng bersenjata di Haiti-Penyelundupan senjata berasal dari AS-Video/CNN

Senjata-senjata tersebut sebagian besar dibeli di negara-negara dengan peraturan senjata yang lemah seperti Florida, Arizona, Texas dan Georgia.

“Senjata api yang mudah didapat dari AS adalah salah satu dari beberapa faktor yang memperdalam ketidakstabilan Haiti,” kata Muggah. 

“Melimpahnya senapan, pistol, dan amunisi berkekuatan tinggi secara dramatis memperkuat kekuatan geng kriminal yang dengan mudah mengalahkan polisi nasional Haiti dan badan keamanan yang lemah. Mereka juga memainkan peran penting dalam meningkatkan tingginya angka kekerasan seksual, penyerangan dengan kekerasan, penculikan dan pengungsian internal,” tuturnya. 

BACA JUGA:Kolera Kembali Mewabah di Haiti, 7 Orang Dilaporkan Tewas, Apa Penyebabnya?

Catatan Geng Kriminal di Haiti

Sejumlah penyitaan baru-baru ini menunjukkan betapa mudahnya para penyelundup beroperasi.

Pada bulan Februari, jaksa penuntut AS mendapatkan pengakuan bersalah bagi dua anggota senior 400 Mawozo – geng yang menjadi terkenal secara internasional karena penculikan 17 misionaris Kristen dari Ohio pada tahun 2021

Penyelidik menemukan gudang setidaknya 24 senjata api termasuk AK-47, AR-15, senapan karabin M4 dan senapan sniper kaliber 50 kelas militer, setelah pembelian di beberapa toko senjata di kota Miami, Orlando, dan Pantai Pompano di Florida, menurut dakwaan yang tidak disegel.

Joly Germine, pemimpin 400 Mawozo berusia 31 tahun, mengarahkan permintaan khusus untuk senjata berkekuatan tinggi melalui pesan WhatsApp yang dikirim dari penjara Haiti.

Permintaan tersebut diajukan kepada warga AS di Florida.

Pada bulan Juli 2022, pihak berwenang di Haiti menyita 17 senjata semi-otomatis, senapan kaliber 12 gauge, empat pistol dan 15.000 butir amunisi yang dimasukkan dalam pengiriman dari Florida dan menuju ke gereja Episkopal Haiti, yang menikmati pengecualian bea cukai tertentu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the guardian