Penelitian Temukan Cara Deteksi Diabetes Lewat Suara Manusia

Penelitian Temukan Cara Deteksi Diabetes Lewat Suara Manusia

Diabetes Tipe 2-Bisa terdeteksi lewat suara dengan bantuan AI-Freepik

Penelitian ini menggarisbawahi potensi AI dalam layanan kesehatan, membuka jalan baru untuk deteksi dan pengelolaan penyakit non-invasif.

Seiring dengan kemajuan penelitian inovatif ini, Peneliti Utama Zhang Li dan tim sangat antusias untuk terlibat dengan calon peserta dan pemangku kepentingan yang tertarik untuk menjadi bagian dari penelitian inovatif ini.

Proyek ini merupakan kekuatan transformatif AI dalam layanan kesehatan – di mana deteksi dini dan pencegahan diabetes tipe 2 bisa dilakukan semudah berbicara melalui mikrofon.

BACA JUGA:Makan Besar saat Imlek 2024, Ini Tips Aman Bagi Penderita Diabetes dan Hipertensi

Apa itu Diabetes?

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, Diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (WHO, 1999).

Diabetes mellitus atau yang dikenal dengan kencing manis/penyakit gula merupakan penyakit dimana kadar gula dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin sehingga gula didalam darah tidak dapat dimetabolisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diabetes.co.uk