Asik! Masa Pendaftaran KJMU Tahap I 2024 Diperpanjang Pemprov DKI Jakarta

Asik! Masa Pendaftaran KJMU Tahap I 2024 Diperpanjang Pemprov DKI Jakarta

Pemprov DKI kembali buka pendaftaran KJMU, usai disorot dugaan pemangkasan dana. --Pemprov DKI Jakarta

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang pendaftaran Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) tahap satu 2024 yang semula ditutup pada 15 Maret 2024, menjadi 24 Maret 2024.

Dalam keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta, Sabtu 16 Maret 2024, hingga Jumat 15 Maret 2024 total mahasiswa yang telah mendaftar melalui laman p4op.jakarta.go.id/kjmu berjumlah 11.470 orang, untuk selanjutnya akan dilakukan tahap verifikasi. 

BACA JUGA:BPKD Tegaskan Heru Budi Tak Pernah Potong Anggaran KJMU, Ini Fakta Sebenarnya

Proses verifikasi calon penerima KJMU tahun ini akan menggunakan tiga kriteria, yaitu SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) Terpusat, padanan dengan data hasil penataan dan penertiban dokumen kependudukan sesuai domisili, serta padanan berdasarkan pekerjaan Kepala Keluarga penerima KJMU.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo, menyampaikan, pihaknya tengah melakukan pengecekan ulang. 

Saat ini sebanyak 325 data yang sudah dicek, terdapat 31 tidak sesuai dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), serta 294 data yang tidak mengakui atau menyanggah.

BACA JUGA:624 Mahasiswa Tak Layak Terima KJMU, Dukcapil DKI Tegaskan 3 Hal Ini Jadi Syarat Pencatatan Data

"Dinas Pendidikan secara bertahap melakukan pengecekan ulang data dari Disdukcapil tersebut,” ujar Purwosusilo.

“Sejauh ini sudah kami cek data 325 orang, sedangkan yang 299 orang akan dilakukan pengecekan selanjutnya. Dari 325 orang yang sudah dicek, terdapat 31 mengakui ketidaktepatan berdasarkan data Disdukcapil, sedangkan 294 orang tidak mengakui/menyanggah,” jelasnya.

Purwosusilo juga menyampaikan, bagi pendaftar yang menyanggah untuk segera melengkapi dokumen saat pendaftaran KJMU tahap I diperpanjang.

Pihaknya juga menegaskan akan selalu rutin melakukan pengecekan dan pemadanan data dari Dindukcapil serta kampus sampai proses pendaftaran selesai, hingga KJMU benar benar tepat sasaran bagi mahasiswa dari orang tua yang tidak mampu, masih aktif kuliah, dan memiliki nilai yang memenuhi standar.

BACA JUGA:DPRD DKI Cecar Pemprov DKI Hapus KJMU: Harus Jujur dan Disampaikan ke Publik!

“Selain dari data Disdukcapil, kami juga telah mendapatkan hasil verifikasi kampus dengan hasil yaitu 101 orang dinyatakan lulus kuliah dan 29 lainnya memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak memenuhi standar,” tegasnya.

Sementara itu, timeline penerimaan KJMU tahap I 2024 sebagai berikut, pada 2 sampai 24 Maret 2024 akan dilakukan verifikasi oleh sekolah asal untuk memastikan calon pendaftar adalah lulusan sekolah asal di DKI Jakarta maksimal tiga tahun yang lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: