Bos Bulog: 50 Persen Stok Beras Nasional Ada di Rumah Tangga

Bos Bulog: 50 Persen Stok Beras Nasional Ada di Rumah Tangga

Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi menyebut bahwa saat ini stok beras terbesar ada di rumah tangga. -Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi menyebut bahwa saat ini stok beras terbesar ada di rumah tangga.

Bos Bulog tersebut menyebutkan jika stok beras yang ada di rumah tangga sebesar 50 persen dari stok beras nasional.

"Kita harus melihat secara sedikit lebih mendalam, stok ini ada di beberapa pihak, yang pertama dan paling besar justru ada di rumah tangga," paparnya saat jumpa wartawan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jakarta Pusat pada Senin 18 Maret 2024.

Ia mengatakan bahwa masing-masing rumah tangga menyimpan beras mulai dari sekilo, dua kilo hingga lima kilo.

BACA JUGA:Imam Mahdi Bakal Muncul Tahun 2024? Ustadz Felix Siauw: Bisa Jadi Setelah...

BACA JUGA:Akhir Insiden Tabrakan Porsche 911 Carrera S Vs Grand Livina, Crazy Rich Surabaya: Nissan Tanggung Jawab

"Kalo itu dijumlahkan di seluruh Indonesia, maka jumlahnya akan sangat besar, bahkan stok di Indonesia itu hampir ditengarai 50 persen lebih stok beras ada di rumah tangga, termasuk rumah tangga petani," terangnya.

Meskipun belum memiliki data statistik mengenai jumlah beras di rumah tangga, namun lanjut Bayu ini sudah dikonfirmasi oleh beberapa peneliti dan pelaku usaha.

"Bahkan akhir tahun 2023, harga gabah naik, jadi para petani berpikir kalo dia jual beras atau gabah dengan harga mahal, maka dia harus beli beras harga mahal lagi, maka cukup banyak petani yang menyimpan hasilnya dibanding periode sebelumnya," imbuhnya.

BACA JUGA:Marhan Harahap Meninggal Dunia Setelah Diseret Petugas Saat ke Masjid Agung Rantauprapat yang Digunakan Jokowi untuk Jumatan

BACA JUGA:Menang, Prabowo-Gibran Kantongi 6.266 Suara dari Kuala Lumpur

Bayu menambahkan, terkait persentase jumlah beras di rumah tangga, Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan segera merilis data terbaru mereka.

“Jadi ini, mudah-mudahan saya dengar kabar Badan Pangan Nasional akan segera merilis hasil kajian mereka tentang stok (di rumah tangga). Dan ditengarai, nanti kita lihat hasilnya seperti apa, stok terbesar ada di rumah tangga, kira-kira 50 persen dari stok nasional,” ucapnya.

Untuk stok BULOG sendiri, Bayu mengkonfirmasi saat ini BULOG memiliki 1 juta ton stok beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: