5 Rekomendasi Hidangan Buka Puasa yang Praktis dan Ekonomis

5 Rekomendasi Hidangan Buka Puasa yang Praktis dan Ekonomis

Rekomendasi Hidangan Berbuka Puasa-Berbagai snack pilihan dari asin hingga manis-Haus!

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketika berbuka puasa, sebagian besar orang kerap mengonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Dalam jurnal Nutrition.org.uk, Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick, Inggris, mengatakan bahwa hampir 14 jam tubuh seseorang yang menjalani puasa tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan. 

Hal ini mengakibatkan kadar gula dalam darah menurun, sehingga menyebabkan tubuh lemas menjelang buka puasa.

Maka dari itu, mengonsumsi makanan atau minuman yang manis berfungsi untuk menyeimbangkan kembali kadar insulin dalam tubuh, sehingga bisa kembali memproduksi energi. 

Berikut ini rekomendasi hidangan buka puasa yang praktis dan ekonomis yang telah dirangkum oleh startup di bidang makanan dan minuman, Haus!:

BACA JUGA:Flek Kecokelatan, Batal atau Lanjut Puasa? Ini Menurut Mazhab Ulama

Hidangan Buka Puasa

1. Buah-buahan dengan sumber gula alami

Buah-buahan dengan sumber gula alami cocok dikonsumsi saat berbuka puasa agar tubuh terhidrasi dan tenaga kembali terisi. Sebagai contoh, ada buah kurma yang kaya akan serat, protein, dan glukosa alami.

Selain itu, buah khas Timur Tengah ini juga menjadi sajian yang kerap dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW ketika sedang berbuka puasa.

Tak hanya kurma, buah-buahan lain yang banyak mengandung gula alami, mineral dan serat juga baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, seperti semangka, timun suri, pisang, anggur, melon hingga blewah.

BACA JUGA:3 Jurus Lawan Dehidrasi saat Puasa, Ini Saran Ahli Gizi

2. Makanan ringan

Saat berbuka puasa usahakan agar tidak langsung menyantap makanan 'berat', agar tidak terlalu membebani kinerja sistem pencernaan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: haus!