3 Jurus Lawan Dehidrasi saat Puasa, Ini Saran Ahli Gizi

3 Jurus Lawan Dehidrasi saat Puasa, Ini Saran Ahli Gizi

Tips Puasa Sehat-Ini caranya mencegah dehidrasi-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID -  Bulan Ramadhan identik dengan berbagai tantangan, mulai dari menahan haus dan lapar, cuaca panas, hingga suasana hati yang mudah terpancing emosi.

Dehidrasi dan dahaga juga menjadi tantangan. 

Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan mengganggu kelancaran ibadah puasa.

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan perpaduan nutrisi yang tepat saat sahur maupun berbuka menjadi kunci utama untuk menjalankan ibadah puasa dengan optimal.

BACA JUGA:Simak Jadwal Imsakiyah, Adzan Sholat 5 Waktu, dan Waktu Berbuka Puasa di Jabodetabek Hari Ini, Jumat 22 Maret 2024

Memilih menu yang sehat serta bergizi saat sahur dan berbuka adalah langkah penting untuk memastikan kesehatan selama berpuasa.

Tanpa asupan yang tepat, kombinasi cuaca panas, perubahan pola makan, dan dehidrasi dapat menyebabkan tubuh lemas dan mudah sakit. 

Lalu, apa saja langkah-langkahnya agar puasa tetap berjalan lancar tanpa lemas? Yuk, kita simak beberapa tips “Teman Pas Lawan Panas” dari dr. Claresta Diella,M.Gizi, SpGK dari Prossi Klinik seperti dalam keterangan resmi Larutan Cap Kaki 3.

BACA JUGA:Ustadz Abdul Somad Bahas Soal Imsak Sebelum Mulai Puasa: Waktu Saya di Maroko...

Tips Lawan Dehidrasi saat Puasa

1. Sahur yang Seimbang 

Saat sahur, penting untuk memilih makanan yang memberikan energi tahan lama.

Karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum, atau nasi merah bersama dengan protein seperti telur, ikan, ayam, daging sapi rendah lemak, tahu, tempe, dan kacang-kacangan akan membantu menjaga kenyang dan energi sepanjang hari terlepas dari cuaca.

Sertakan juga serat dari sayuran dan buah-buahan untuk pencernaan yang sehat. Konsumsi buah yang kaya akan serat seperti semangka, melon, jeruk, kelapa, mentimun, dan timun suri merupakan pilihan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: