Green Campus, 12 Kampus Vokasi Terpilih Lakukan Riset Antisipasi Perubahan Iklim

Green Campus, 12 Kampus Vokasi Terpilih Lakukan Riset Antisipasi Perubahan Iklim

Vokasi Bertekad Jadi Green Campus-Sebanyak 12 PTV terpilih melakukan penelitian-Kemendikbudristek

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebanyak 12 Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) terpilih harus memiliki komitmen terhadap isu perubahan iklim.

Mereka didorong mengajukan proposal serta memiliki rencana strategis atau peta jalan transformasi institusi menuju kampus hijau (green campus).

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) terus berinovasi dalam menjawab tantangan zaman sehingga tujuan pembangunan nasional dapat tercapai.

BACA JUGA:Polytron Raih Sertifikasi ISO 27001, Bentuk Komitmen Jaga Keamanan Data Konsumen

Hal ini diwujudkan melalui peluncuran Program Penguatan Peran Pendidikan Tinggi Vokasi dalam Upaya Antisipasi Perubahan Iklim Melalui Pengadaan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana (API Sarpras PTV).

Program API Sarpras PTV mencakup ruang lingkup belanja modal peralatan dan mesin (sarana), dan/atau belanja modal gedung, bangunan, dan Kawasan (prasarana) yang ramah lingkungan dan mendukung transformasi perguruan tinggi menuju kampus ramah lingkungan (green campus).

Sebagai program baru, API Sarpras PTV bertujuan untuk mendorong dan memfasilitasi Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV) dalam mempercepat pengurangan emisi karbon dan menciptakan ketahanan terhadap perubahan iklim melalui pengadaan dan pengembangan sarana dan prasarana kampus.

Program ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran PTV dalam melakukan pembangunan berkelanjutan yang unggul, ramah lingkungan, dan berwawasan lingkungan.

Pada peluncuran API Sarpras PTV di Jakarta, Rabu 27 Maret 2024, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, menyampaikan bahwa API Sarpras PTV merupakan bentuk komitmen Kemendikbudristek dalam mendukung upaya ketahanan dan antisipasi terhadap perubahan iklim.

Kiki juga menegaskan bahwa pemerintah Indonesia telah menetapkan perubahan iklim sebagai salah satu agenda strategis nasional yang membutuhkan solusi dan penanganan serius dan berkelanjutan. 

BACA JUGA:Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim, UI Greenmetric Jadi Acuan Kampus Hijau

Aksi Nyata Kampus Dukung Perubahan Iklim

Kiki menilai hal itu tidak selalu harus masuk dalam SKS atau menjadi mata kuliah baru. 

Akan tetapi nuansa kampus hijau bisa dimulai dari diri sendiri, dari hal yang kecil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: