Simak 5 Tips Makan Sehat Agar Terjaga Imunitas Tubuh yang Kuat

Simak 5 Tips Makan Sehat Agar Terjaga Imunitas Tubuh yang Kuat

Simak 5 Tips Makan Sehat Agar Terjaga Imunitas Tubuh yang Kuat-jcomp-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Penyusunan pola makan yang sehat memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga berat badan yang ideal.

Akan tetapi ada beberapa tips praktis di bawah ini, Anda dapat memastikan bahwa pola makan Anda seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Dilansir dari laman NHS UK, berikut 5 tips makan sehat yang bisa dilakukan setiap harinya:

BACA JUGA:Kasus DBD Melonjak, DPR Singgung Penelitian Nyamuk Wolbachia dan Kebutuhan Vaksin

1. Mengonsumsi Kalori Sesuai Kebutuhan

Salah satu kunci utama dari pola makan yang sehat adalah mengonsumsi jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jika Anda makan atau minum lebih dari yang dibutuhkan tubuh, berat badan Anda bisa bertambah karena kelebihan energi disimpan sebagai lemak. Sebaliknya, jika Anda makan dan minum terlalu sedikit, berat badan Anda akan turun. Pria disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2.500 kalori sehari, sementara wanita sebaiknya mengonsumsi sekitar 2.000 kalori sehari.

2. Konsumsi Berbagai Macam Makanan

Pastikan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan agar tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan.


Diet Karbo--Karbohidrat bertepung berserat tinggi, seperti kentang, roti gandum, nasi merah, pasta gandum utuh, dan sereal, harus menjadi bagian penting dari pola makan Anda. Makanan ini mengandung lebih banyak serat daripada karbohidrat olahan, sehingga bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Lady Gaga dan Kekasih Makin Mesra, Seru Rayakan Ultah Sang Bintang ke-38

3. Makan Banyak Buah dan Sayur

Disarankan agar Anda mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap hari. Buah dan sayur merupakan sumber penting vitamin dan mineral untuk tubuh Anda. Cobalah untuk mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur, baik segar, beku, kalengan, maupun dijus.

4. Perbanyak Konsumsi Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Usahakan untuk mengonsumsi minimal 2 porsi ikan dalam seminggu, termasuk satu porsi ikan berminyak seperti salmon, trout, atau sarden. Ikan berminyak kaya akan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: