Mantan Ajudan Jokowi Diangkat Menjadi KSAU, Marsekal Tonny Harjono Sempat Isi Posisi Strategis di TNI AU

Mantan Ajudan Jokowi Diangkat Menjadi KSAU, Marsekal Tonny Harjono Sempat Isi Posisi Strategis di TNI AU

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo.-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo.

Mantan ajudan Jokowi diangkat menjadi KSAU menggantikan Marsekal Fajar akan memasuki masa pensiun pada 9 April 2024 mendatang.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan penunjukan Marsdya Tonny sebagai KSAU tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 yang ditandatangani 25 Maret 2024.

BACA JUGA:Tampang Terduga Pelaku Pembacokan Praka Supriyadi di Bekasi, Ditangkap PMJ Setelah Diviralkan Habib Bahar

BACA JUGA:Rolls Royce Suami Sandra Dewi Disita Kejagung, Harvey Moeis Beli Untuk Hadiah ke Istrinya

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KASAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KASAU yang baru," ujar Ari melalui keterangan tertulis, Selasa, 2 April 2024.

Menurut Ari, Keppres tersebut mulai berlaku sejak saat pelantikan.

Pelantikan rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:Ekstrakulikuler Pramuka Dihapuskan dari Sekolah Adalah Hoax, Kemendikbudristek: Sifatnya Suka Rela

"Keppres ini mulai berlaku sejak saat pelantikan yg rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini," terang Ari.

Profil Marsekal Mohammad Tonny

Marsekal Tonny merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara TNI tahun 1993, di mana Perwira kelahiran 4 Oktober 1971 itu telah menempati sejumlah jabatan strategis antara lain ajudan Presiden RI Joko Widodo pada 2014–2016. 

Selanjutnya, ia juga menjabat sebagai Danlanud Adi Soemarmo pada 2016–2018, Danlanud Halim Perdanakusuma pada 2018–2020, Staf Khusus KSAU pada 2020, Sekretaris Militer Presiden pada 2020–2022, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) pada 2022.

Selain itu Marsekal Tonny juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) pada 2022–2023 dan saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: